Mengenal Layout Red Bull Ring, Sirkuit Yang Akan Diaspali Para Rider Pekan Ini

0

Hilangnya trek Indianapolis dalam daftar kalender MotoGP musim ini tidak menyebabkan para pembalap dan pabrikan kecewa. Hal tersebut dikarenakan Indianapolis resmi digantikan dengan salah satu sirkuit ternama milik Austria, yaitu Red Bull Ring.

Sirkuit ini terakhir kali digunakan sejak 1997 silam. Dalam rentang waktu 1997 sampai 2003 Red Bull Ring digunakan untuk ajang F1 dengan nama A1-Ring.

Sirkuit dengan panjang 4.326 Meter ini terletak di Spielberg, Austria. Trek yang akan menggelar perhelatan MotoGP seri ke-10 ini telah dibangun sejak 1969 dengan nama Osterreichring.

Sepanjang sejarah penggunaannya Red Bull Ring pernah menjadi saksi atas pertarungan pembalap kelas atas. Tak terkecuali keluarnya Mick Doohan sebagai juara dalam kelas 500cc pada tahun 1997.

Red Bull Ring termasuk sirkuit yang berkarakter cepat. Trek ini punya banyak lintasan lurus dan hanya dilengkapi dengan 9 tikungan. Oleh sebab itu motor dengan power sekelas Ducati akan dimanjakan dilintasan dengan trek lurus sepanjang 626 meter ini.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.