News

Mengejutkan! Bos Yamaha Bongkar Rahasia Melejitnya Performa Johann Zarco

Mengejutkan! Bos Yamaha Bongkar Rahasia Melejitnya Performa Johann Zarco

Pengakuan mengejutkan hadir dari mulut Manager Team Movistar Yamaha MotoGP yaitu Lin Jarvis perihal melejitnya performa Johann Zarco hingga 4 balapan telah usai digelar. Orang nomor satu di paddock Yamaha tersebut mengungkapkan jika selama ini YZR-M1 yang digunakan oleh Zarco sedikit banyak mirip dengan apa yang digunakan oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Diatas kertas sulit rasanya bagi rider tim satelit mampu tampil menakjubkan melebihi pembalap pabrikan, namun kenyataan justru berbicara lain. Musim ini Zarco sudah mengantongi 58 poin dan berada di posisi kedua klasemen sementara.

Bahkan pembalap asal Prancis tersebut juga sukses mempecundangi Rossi dan Vinales yang notebene merupakan pembalap utama tim pabrikan garputala. Dilansir dari speedweek, Lin Jarvis secara blak-blakan menjelaskan bahwa hampir keseluruhan part M1 milik Zarco kurang lebih identik dengan milik Rossi dan Vinales.

Perbedaannya hanya terletak pada kesempatan pertama yang diberikan Yamaha kepada Rossi serta Vinales untuk melakukan pengujian part-part baru. Berbeda dengan tim Honda dimana Cal Crutchlow lah yang menjadi rider pertama untuk menguji komponen baru.

“Dia (Zarco) memiliki sasis yang sama dengan pembalap pabrikan kami, ditambah dengan update aerodinamika pada fairing M1 dan mesin. Spesifikasinya kurang lebih hampir sama dengan motor pembalap pabrikan. Perbedaannya adalah jika ada part baru maka yang pertama mencoba adalah pembalap pabrikan.” beber Lin Jarvis.

Lantas, dengan motor yang hampir sama persis mengapa dari segi prestasi Zarco mampu mengungguli Rossi-Vinales? Lebih lanjut Jarvis menyimpulkan bahwa Zarco justru bisa fokus dengan setup motor miliknya dimana dia tidak harus memikirkan tentang pengujian komponen baru motor.

“Terkadang hal tersebut justru menjadi pilihan yang baik bagi pembalap. Semakin sedikit sumber daya yang ada maka anda bisa lebih berkonsentrasi untuk mengembangkannya.” tuturnya.

About the author

Ponang Pramukta

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.