News

Mengejutkan, Maverick Vinales Jadi Pembalap Favorit Musim 2016

Salah satu media MotoGP terbesar di dunia yaitu crash.net telah melakukan survei terkait pembalap favorit yang mengaspal di lintasan sepanjang musim 2016. Survei yang melibatkan 70.000 responden tersebut berhasil dirampungkan, dan hasilnya cukup mengejutkan.

Maverick Vinales yang saat itu membela tim Suzuki Ecstar keluar sebagai rider favorit. Tentu bukan tanpa alasan, repsonden memilih Vinales berdasarkan performanya yang meningkat signifikan dibandingkan debut pertamanya di musim 2015 lalu.

Rider dengan julukan Top-Gun tersebut menyudahi misinya bersama Suzuki pada musim 2016 dengan memberikan empat podium termasuk satu kali kemenangan di Silverstone. Tak salah jika kemudian Vinales mampu mengambil hati para fans termasuk responden yang dijadikan objek survei crash musim ini.

MotoGP Star of the Year 2016

PosisiPembalapNegaraTimPoin
1stMaverick VinalesSPASuzuki Ecstar8.8
2ndMarc MarquezSPARepsol Honda8.5
3rdValentino RossiITAMovistar Yamaha8.4
4thCal CrutchlowGBRLCR Honda7.8
5thAndrea IannoneITADucati Team6.8
6thAndrea DoviziosoITADucati Team6.6
7thJorge LorenzoSPAMovistar Yamaha6.2
8thJack MillerAUSMarc VDS Honda5.7
9thDani PedrosaSPARepsol Honda5.5
10thDanilo PetrucciITAPramac Ducati5.19

Secara statistik rider asal Spanyol tersebut memang menunjukkan peningkatan yang impresif selama satu musim terakhir ini. Bagaimana tidak, berbekal amunisi yang serba berkecukupan dari Suzuki namun Vinales mampu merengsek ke posisi empat di akhir klasemen dengan raihan 202 poin.

Tak heran, Jika dia diprediksi bakal menjadi kandidat serius dalam perebutan juara dunia MotoGP saat menunggangi motor Yamaha YZR-M1 milik Yamaha di musim 2017 mendatang.

About the author

Fariz Gobel

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.