Maverick Vinales Masuk dalam Jajaran Pembalap Club de Six Spanyol

0

Berkat kemenangannya pada balapan pembuka di Losail International Circuit Qatar, rider tim Movistar Yamaha yakni Maverick Vinales berhasil menjadi nama keenam atau ‘Club de Six’ jajaran pembalap-pembalap asal Spanyol yang berhasil menjadi pemimpin kejuaraan. Sebelumnya hanya ada lima nama seperti Alex Criville, Sete Gibernau, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.

“Saya belum pernah memikirkan bagaimana rasanya menjadi pemimpin perlombaan MotoGP, itu sangat menakjubkan. Saya pernah berada di situasi seperti itu, namun ini sedikit berbeda dimana level MotoGP berada di tingkat tertinggi.” ujar Vinales dikuitip dari mundodeportivo.

Sudah 19 tahun sejak Alex Criville menjadi orang Spanyol pertama tepatnya pada 31 Mei 1998 di kelas GP500cc yang meraih podium utama, bertempat di sirkuit Paul Ricard Perancis. Criville menginjakkan kaki di podium pertama setelah mengalahkan Mick Doohan dan Charlos Checa.

Enam tahun setelah kemenangan Alex Criville, kembali rider Spanyol yaitu Sete Gibernau meraih kemenangan pada balapan kedua di sirkuit Jerez di tahun 2004. Gibernau bahkan menjadi pemenang lomba di 4 seri yakni Jerez, Le Mans, Mugello, dan Montmello. Namun sayang, di akhir klasemen ia harus mengaku kalah dari Valentino Rossi yang menjadi juara dunia pertama kali bersama Yamaha.

Selanjutnya ada rider bertubuh mungil, Dani Pedrosa yang menjadi orang Spanyol ketiga dengan kemenangannya di sirkuit Jerez pada tahun tanggal 30 Maret 2008. Namun langkah Pedrosa tidak bertahan lama setelah dipatahkan oleh rekan senegaranya yaitu Jorge Lorenzo yang saat itu menjadi seorang rookie. Tanggal 13 April 2008 Lorenzo menapaki podium pertama lewat sirkuit Estoril, Portugal bersanding dengan Dani Pedrosa.

Marc Marquez menjadi nama kelima yang mampu meraih kemenangan bagi Spanyol ketika menjuarai grand prix Austin pada tanggal 21 April 2013 silam. Raihan spektakuler dari The Baby Alien justru terjadi pada musim 2014 dimana ia mampu menjadi pemimpin lomba dari awal hingga akhir kejuaraan.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.