Masih Memiliki Kekurangan, Ducati Belum Gunakan Fairing Hammerhead Dalam Waktu Dekat Ini

0

Tim Ducati Corse kemarin telah menyelesaikan sesi tes tertutup di sirkuit Jerez, Spanyol. Selain ingin mendapatkan data informasi yang berguna untuk balapan nanti, Ducati juga turut melakukan percobaan dengan menggunakan fairing ‘hammerhead’ yang telah diwarnai dengan corak balap menyatu dengan body motor.

Jorge Lorenzo menjadi orang pertama yang melakukan putaran dengan menggunakan fairing tersebut. Kendati telah mencoba fairing aerodinamika pada tes privat, nyatanya tim Borgo Panigale enggan untuk menggunakannya pada balapan nanti.

“Kami tidak memiliki rencana untuk menggunakannya pada balapan dalam waktu dekat ini. Kami masih akan banyak melakukan percobaan dengan fairing tersebut.” kata salah seorang juru bicara Ducati yang tidak ingin disebutkan namanya kepada situs Crash.

Pada latihan bebas di grand prix Qatar pekan lalu, Ducati telah memperkenalkan fairing aerodinamika terbaru mereka. Fairing yang bertujuan menggantikan peran winglet dalam menghasilkan gaya downforce tersebut justru masih memiliki kekurangan. Selain defisitnya angka top speed milik Ducati pada trek lurus, Desmosedici juga kesulitan kala menikung.

“Saya sangat senang dengan hasilnya karena tanpa winglet sangat sulit untuk menciptakan downforce. Ini jelas menarik dan pasti kami akan menggunakannya pada MotoGP 2017. Namun kami belum mengetahui kapan tepatnya dan bagaimana. Fairing ini masih dalam tahap pengembangan.” ucap Dovizioso kala memperkenalkan fairing terbaru Ducati.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website GoMotoGP.