Marc Marquez Akui Salah Memilih Komposisi Ban Depan

0

Juara bertahan musim lalu yakni Marc Marquez mengakui kesalahannya dalam memilih komposisi ban menjadi masalah terbesar saat melakoni balapan perdana di sirkuit Losail Qatar, kemarin. Beberapa menit jelang dimulainya balapan, rider andalan tim Repsol Honda tersebut memilih untuk mengganti ban depan dengan kompon medium setelah sebelumnya menggunakan hard.

Marc Marquez berdalih dengan pengurangan jumlah putaran balapan menjadi alasannya untuk menggunakan ban bertipe medium. Meski mampu berjuang di barisan depan pada awal-awal balapan, namun The Baby Alien harus kedodoran sedikit demi sedikit dan harus rela kehilangan podium setelah disalip oleh duo Yamaha.

“Dorna mengambil keputusan untuk menunda balapan, dan saya pun berpikir itu benar. Namun hal tersebut juga menciptakan kebingungan bagi kami mengenai pemilihan ban karena suhu yang begitu drop dan ditambah lembab.” ungkap Marquez dilansir dari Crash.

“Saya pun memilih untuk menggunakan ban berkompon hard, namun tiba-tiba salah seorang kru Michelin memperingatkan saya bahwa menggunakan ban hard beresiko jatuh. Oleh karena itulah saya berganti menggunakan medium.” lanjutnya.

“Mengapa saya memilih hard? karena Honda disini terlalu banyak kehilangan akselerasi dan satu-satunya cara menanggulangi masalah tersebut adalah dengan fokus pada pengereman dimana butuh dukungan dari ban depan berkompon keras. Tapi, ya, ban medium adalah kesalahan terbesar saya.” terangnya.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.