Mantan Pembalap GP500 Sebut Pembalap Sekarang Dimudahkan Dalam Urusan Mengendarai Motor

0

Pernahkah terbesit di pikiran anda bagaimana dahsyatnya tenaga sepeda motor pembalap di era Gp500 ? atau jika sepeda pada zaman tersebut dihidupkan kembali dan ditandingkan dengan kuda besi musim ini, manakah yang akan menang ? Tadayuki Okada selaku mantan pembalap pada era tersebut membeberkan beberapa perbedaan antara sepeda motor 2 tak dengan 4 tak.

Menurutnya, perbedaan mendasar jelas terletak pada power mesin dari kedua motor tersebut, dimana power motor 2 tak mampu memberikan kekuatan mesin yang meledak–ledak sekaligus kencang. Namun disisi lain sangat mudah sekali untuk terjadinya high-side. Berbeda dengan mesin 4 tak yang lebih mudah untuk dikendarai.

“Antara mesin 2 tak dengan 4 tak jelas terdapat perbedaan yang besar terutama dalam hal power motor. Sebagai contoh mesin Honda di kelas 500cc sangatlah kencang namun jika anda tidak pandai mengontrol tuas gas, maka bersiaplah untuk diterbangkan dari motor.” ungkap Okada dilansir dari speedweek.

“Mesin 4 tak jelas lebih mudah untuk dikendarai. Hal tersebut merupakan kemajuan dan ditambah perangkat elektronik yang tertanam pada sepeda motor yang membuat pembalap mampu beradaptasi dengan cepat.” “Saya yakin para pembalap sekarang lebih dimanjakan dalam urusan mengendarai sepeda motor mereka.

Namun jika dilihat dari catatan waktu pembalap saat ini masih kalah cepat bila dibandingkan pembalap zaman dahulu. Gaya balap sekarang juga sudah jauh lebih berkembang.” papar pembalap yang akrab dengan sebutan Taddy tersebut.

Tadayuki Okada sendiri merupakan mantan pembalap saat MotoGP masih dikenal dengan era Gp500cc. Pria berusia 49 tahun tersebut pernah meraih 6 kemenangan utama serta 36 podium dalam karirnya. Kini ia menjadi manajer dari tim Idemetsu Honda di kelas Moto2 dengan pembalapnya Takaaki Nakagami dan Khairul Idham Pawi

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.