Manajer Ducati Pertanyakan Alasan Pelarangan Winglet di MotoGP

0

Memasuki awal tahun ini para pabrikan di kelas MotoGP tengah melakukan persiapan untuk mengikuti sesi test pramusim yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 Januari nanti di sirkuit Sepang, Malaysia.

Yang patut dinantikan adalah bagaimana persaingan para pembalap tentunya masih soal Valentino Rossi dengan Marc Marquez dan kiprah Jorge Lorenzo bersama Ducati. Aturan baru juga akan diterapkan menyusul pelarangan winglet pada fairing motor masing–masing pabrikan.

Pihak penyelenggara ajang balap MotoGP yakni Dorna resmi melarang penggunaan piranti winglet di awal musim MotoGP 2017 ini. Beberapa pihak sepakat bahwa ‘sayap kecil’ tersebut sangat berbahaya bagi pembalap saat beradu cepat di lintasan.

Namun pihak Ducati sebagai pelopor pemasangan winglet pertama kali pada motor justru menyayangkan pelarangan tersebut. Davide Tardozzi selaku manajer race Ducati menanyakan alasan apa yang menjadikan piranti kecil tersebut tidak diperbolehkan muncul. Tardozzi justru tidak percaya jika alasan keselamatan menjadi biang kerok dari absennya winglet di musim depan.

“Kami tengah mempersiapkan pengujian versi lama dan versi baru tanpa sayap, yang nanti di Sepang akan diuji coba bersama Michelle Pirro dan Cassey Stoner.” kata Davide kepada Gpone.

“Jujur saja kami begitu kecewa dengan pelarangan winglet di musim ini. Pasalnya piranti tersebut justru memberikan keselamatan kepada para pembalap. Winglet justru mampu memberikan kestabilan pada kuda besi mereka saat melakukan pengereman.”

“Kita perlu mengkaji ulang atas apa yang menjadi peraturan pelarangan tersebut. Power MotoGP sekarang menurutku sangatlah berlebihan dan dengan adanya winglet akan sangat membantu dalam mencegah bagian depan motor terangkat.” ucapnya.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.