Lubang Angin F1 Menginspirasi Tim Aprilia Ciptakan Fairing Downforce

0

Sejak diberlakukannya pembekuan winglet di musim depan, para insinyur dari berbagai tim di kelas MotoGP berlomba–lomba untuk memodifikasi sisi aerodinamis tunggangan mereka. Kemarin pada hari kedua tes ujicoba, tim Aprilia Gresini Racing baru saja memamerkan wujud fairing terbaru yang akan digunakan untuk menunjang performa kedua ridernya di musim balap MotoGP 2017 ini.

Desain dari tim Aprilia sangatlah berbeda dengan wujud dari dua tim lainnya yang telah memperkenalkan sebelumnya, Yamaha serta Suzuki. Terdapat dua lubang pada kedua sisi badan motor yang berguna sebagai poros masuknya angin serta bentuk windscreen yang cenderung landai. Hal tersebut nyatanya ampuh untuk mengatasi efek wheelie.

Hal tersebut juga terbukti pada performa pembalapnya, Aleix Espargaro yang mampu tampil melesat pada hari kedua ujicoba Philip Island. Diakui oleh Crew Chief mereka yakni Romano Albesiano, timnya terinspirasi dengan lubang angin ataupun ventilasi yang terdapat pada kendaraan F1.

“Aprilia telah mengambil langkah berbeda dengan apa yang sudah dilakukan oleh Yamaha dan Suzuki. Kami menciptakan lubang ventilasi, seperti yang digunakan oleh mobil F1. Hasilnya jelas bagus bagi tim. Aliran udara mampu kami optimalkan guna mencegah terjadinya wheelie pada bagian depan motor. Jelas kami juga tidak melanggar aturan yang telah dibuat.” papar Romano.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.