Loris Capirossi Sebut Race MotoGP Qatar 2017 Bisa Saja Batal Jika Hujan Tak Kunjung Reda

0

Loris Capirossi selaku anggota Race Direction memberikan penjelasan terkait pembatalan sesi kualifikasi, yang sejatinya digelar kemarin malam. Tiga kategori kelas di ajang MotoGP Qatar 2017 terpaksa harus ditentukan melalui gabungan catatan waktu selama para pembalap mengikuti sesi latihan bebas.

“Masalahnya adalah lebih besar dari yang kami duga, jadi kami memutuskan untuk membatalkan sesi kualifikasi.” ucap Capirossi yang juga menjabat sebagai Dewan Komisi Keselamatan Pembalap.

“Air yang tergenang tidak dapat mengalir dan juga di sisi lintasan tidak memiliki sistem drainase yang baik karena mereka memperkirakan sirkuit Losail Qatar tidak akan terjadi hujan. Atas kejadian ini juga kami berpikir untuk membuat perubahan di musim depan.”

“Adapun nanti dalam sesi warm up masing-masing kelas akan diberikan tambahan waktu selama 30 menit, dan berharap untuk mendapatkan kondisi terbaik jelang balapan dimulai.” imbuhnya.

Mantan pembalap MotoGP itupun juga menambahkan jika hujan semakin menjadi-jadi, maka bisa saja Dorna memutuskan untuk menunda race saat itu juga dan dipindahkan ke hari selanjutnya.

“Jika hujan masih saja turun dan menjadi bencana seperti saat ini, maka pilihan terbaiknya adalah membatalkan perlombaan dan memindahkannya pada hari Senin. Hal tersebut pernah dilakukan saat seri Misano beberapa musim yang lalu.”

“Kita juga harus memberikan kesempatan bagi para pembalap untuk menguji lintasan dan dari itulah kita putuskan bersama. Kita perlu melihat keselamatan pembalap, jika itu aman maka balapan boleh dilakukan.” tutup Capirossi.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website GoMotoGP.