Lorenzo Project, Awal Pengembangan Ducati Meraih Kembali Juara Dunia

0

Tim Ducati Corse akan memulai proyek baru mereka dalam mengarungi musim balap 2017. ‘The Lorenzo Project’ adalah nama yang tepat untuk mengawali pengembangan Desmosedici bersama mantan pembalap Yamaha tersebut selama dua musim kedepan.

Dengan dipimpin oleh Gigi Dal’igna serta keuangan yang besar dari sponsor mereka Phillip Morris International, tujuannya jelas yaitu gelar juara dunia.

Ducati telah melalui perombakan besar–besaran setelah era Valentino Rossi yang dianggap sebagai musim terburuk mereka. Mulai dari mengganti kepala mekanik mereka sebelumnya Filipo Preziosi, lalu merubah wajah Desmosedici dengan tanpa mengubah DNA dari motor, serta mendatangkan berbagai sponsor.

Terbukti di musim 2016 lalu, kedua pembalap mereka berhasil membawa kemenangan dalam dua keadaan balapan yang berbeda, basah dan kering. Hal tersebut menunjukkan bahwa Desmosedici telah banyak berubah dan itu artinya mereka hanya butuh pembalap bermental juara.

Dengan datangnya Jorge Lorenzo ke dalam proyek Ducati maka semakin memantabkan langkah mereka memburu gelar juara dunia MotoGP. Lorenzo serta Gigi pernah saling bekerja sama kala keduanya menjajaki kelas 250cc dengan hasilnya dua kali gelar di kelas tersebut pada tahun 2006 dan 2007 silam. Hal tersebutlah yang membuat pembalap berjuluk Por Fuera setuju menandatangani kontrak dengan Ducati.

Pembalap berpaspor Spanyol tersebut juga akan menjadi sorot utama pabrikan yang bermarkas di Borgo Panigale tersebut. Pengalamannya meraih tiga kali juara dunia bersama Yamaha jelas akan dipertaruhkan dalam dua musim kedepan bersama Ducati.

Selanjutnya, Ducati harus berkonsentrasi dan mengerahkan segala sumber daya mereka untuk berkonsentrasi pada titik – titik kelemahan motor, diantaranya seperti power motor yang berlebih, ban yang mudah kehilangan grip, serta penyakit understeer yang kadang kala muncul.

Masalah lainnya yakni pelarangan winglet di musim balap nanti. Sudah bukan rahasia lagi bahwa piranti tersebut mampu membantu kuda besi milik Ducati tampil prima di musim 2016 lalu. Namun dengan alasan keselamatan pembalap, sayap kecil tersebut pun dilarang. Patut dinantikan bagaimana kombinasi Lorenzo dengan Desmosedici tanpa sayapnya.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.