Lintasan Sulit Mengering, Sepang Disarankan Untuk Mengkaji Ulang Tata Letak Sirkuit

0

Sepang International Circuit (SIC) selalu mengisi slot tuan rumah MotoGP setiap tahunnya. Bahkan baru saja di tahun 2017 ini sirkuit kebanggaan warga Malaysia tersebut didaulat untuk menjadi tempat terselenggaranya tes pramusim pertama.

Namun sukses gelaran tersebut nyatanya tidak dibarengi dengan kondisi aspal lintasan yang sulit mengering, sehingga mengakibatkan banyaknya waktu yang terbuang bagi para tim untuk melakukan pengujian. Hal tersebut terjadi pada saat hari pertama dan kedua digelarnya ujicoba.

Salah satu contoh keluhan yang kita dengar kemarin berasal dari tim Ducati yang telah terlebih dahulu tiba di Malaysia. Menurut sang manajer, Gigi Dall’igna, kondisi tersebut sangat membuat timnya kecewa karena gagal memanfaatkan waktu yang ada.

Hal tersebut juga ditanggapi oleh seorang designer sirkuit ternama asal Italia, Jarno Zaffelli. Menurutnya, pihak–pihak yang bekerja sama dengan sirkuit Sepang harus terus berkomitmen bila terjadi suatu hal. Namun disisi lain ia juga tidak bisa menyalahkan pihak tersebut karena kering tidaknya suatu aspal di lintasan bergantung pada banyak hal seperti angin dan faktor cuaca.

“Pertama–tama saya tidak mengerti bagaimana banyak orang mengharapkan sirkuit kering dalam satu jam. Cuaca disana memang sedang mendung dan lembab, serta tidak adanya angin yang berhembus.” ujar Jarno seperti dilaporkan oleh situs tutorrimotoweb.

“Sirkuit Sepang memegang kontrak bersama pihak Nippon Road. Kami juga telah memberikan saran mana yang baik dan buruk. Mereka harus terus mendorong Nippon Road untuk mengkaji ulang tata letak sirkuit tersebut.” paparnya.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.