News

Kualifikasi MotoGP Jepang 2017: Johann Zarco Sabet Pole Position Keduanya di Motegi

Kualifikasi MotoGP Jepang 2017: Johann Zarco Sabet Pole Position Keduanya di Motegi

Rookie MotoGP, Johann Zarco berhasil tampil mencuri perhatian banyak pihak pada sesi Kualifikasi MotoGP Jepang yang digelar di sirkuit Motegi. Pembalap tim satelit Yamaha tersebut sukses mengukuhkan namanya sebagai polesitter setelah menggoreskan waktu tercepat 1 menit 53,469 detik. Pole position tersebut merupakan yang kedua kalinya bagi Zarco, setelah sebelumnya di Grand Prix Prancis ia menorehkan hasil yang serupa.

Johann Zarco tentu tidak akan sendirian di grid terdepan. Pemilik dua kali gelar juara dunia ajang Moto2 tersebut bakal ditemani oleh pembalap satelit Ducati, Danilo Petrucci dan pemenang GP Motegi musim lalu yaitu Marc Marquez.

Di posisi keempat ada nama pembalap tim Aprilia, Aleix Espargaro yang tampil begitu konsisten semenjak hari pertama latihan bebas. Tampaknya konfigurasi baru yang berkutat pada output power bahan bakar menjadikan RS-GP tampil menjanjikan. Laju mantan pembalap Suzuki tersebut bakal dibayangi oleh Jorge Lorenzo yang tidak kalah konsisten dari dirinya.

Kedua pembalap Spanyol tersebut tentu saja tidak bisa melenggang bebas lantaran sang penguasa Motegi, Dani Pedrosa bakal memulai balapan dari posisi keenam.

Tampil agresif di sesi Q1 membuat duo KTM berhasil merebut tiket untuk masuk ke sesi Kualifikasi 2. Baik Bradley Smith maupun Pol Espargaro tentu saja tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan akhirnya mencatatkan waktu tercepat ke-7 dan ke-8.

Pembalap tercepat di sesi FP2 yaitu Andrea Dovizioso gagal mendapatkan kecepatannya pada sesi kualifikasi kali ini. Salah satu pesaing mahkota gelar juara di musim ini tersebut harus puas berada di urutan ke-9. Raihan Dovizioso disusul oleh pembalap Suzuki, Alex Rins yang menempati posisi ke-10.

Yamaha Movistar gagal mendulang hasil positif setelah kedua rider mereka Valentino Rossi dan Maverick Vinales berada di luar zona 10 besar. Rossi yang sempat menempati posisi kelima pada FP3 mendadak kehilangan tajinya dan harus memulai balapan dari urutan 12, dibawah rekan senegaranya Andrea Iannone.

Demikian juga dengan Vinales. Masalah pada grip ban belakang YZR-M1 yang tak kunjung mendapatkan solusinya membuat mantan rider tim Suzuki tersebut gagal unjuk gigi. Vinales akan start dari posisi ke-14 bersama dengan Loris Baz di urutan ke-13 dan Cal Crutchlow yang berada di bawahnya.

About the author

Adheens San

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.