News

Kualifikasi Moto2 Jepang: Takaaki Nakagami Pimpin Balapan di Motegi

Kualifikasi Moto2 Jepang: Takaaki Nakagami Pimpin Balapan di Motegi

Pembalap Idemitsu Honda, Takaaki Nakagami berhasil menyabet pole position pada sesi Kualifikasi Moto2 Jepang. Kondisi lintasan Motegi cukup tricky nyatanya tidak menyurutkan semangat Nakagami. Hasilnya, pembalap yang diproyeksikan ke kelas MotoGP pada musim depan tersebut mampu menunjukkan penampilan yang impresif dengan mencatatkan hasil terbaiknya di kisaran waktu 1 menit 53,776 detik.

Pada awal sesi dua pembalap yaitu Miguel Oliveira dan Hafizh Syahrin tampil cukup cepat dan saling bergantian menjadi pemuncak laptime. Namun di akhir sesi Nakagami berhasil menerapkan strategi yang brilian guna menjadi polesitter di depan para pendukungnya.

Adapun di posisi kedua berhasil direbut oleh pembalap EG Marc VDS, Alex Marquez yang berhasil memperbaiki catatan waktunya di sesi kualifikasi. Mantan juara dunia kelas Moto3 tersebut sempat keluar lintasan lantaran masalah pada motornya. Beruntung ia bisa kembali mengatur ritme balapnya dan meraih posisi start ke-2.

Pembalap Tech 3 Racing, Xavi Vierge juga tampil begitu menakjubkan dengan menjadi pelengkap starting grid terdepan. Rider berkebangsaan Spanyol tersebut hanya terpaut selisih waktu 0,270 detik dari Nakagami.

Mattia Passini akhirnya berhasil keluar dari zona nyamannya dan mampu meraih posisi start keempat. Pembalap Veteran di ajang Moto2 tersebut bakal ditemani Miguel Oliveira yang memulai balapan dari urutan ke-5 dan juga Hafizh Syahrin di tempat selanjutnya.

Duo rider tim Dynavolt Intact GP yakni Sandro Cortese serta Marcel Schrotter akhirnya bisa menempati posisi start ketujuh dan kedelapan. Di posisi selanjutnya ada rider Belgia, Xavier Simeon dan Augusto Fernandez dari tim Speed Up Racing.

Pemenang balapan Misano, Dominique Aegerter gagal menembus posisi 10 besar dan akan memulai start dari urutan ke-11, ditemani oleh Francesco Bagnaia. Thomas Luthi gagal memanfaatkan kesempatan yang ada dan akan bergabung dengan Andrea Locatelli serta salah satu saingannya dalam perebutan gelar yakni Franco Morbidelli.

Franco Morbidelli kali ini menghadapi tantangan tersulitnya setelah hanya mampu meraih posisi start ke-15. Musim lalu pembalap blasteran Brasil-Italia tersebut sanggup meraih finish ketiga. Namun hasil tersebut ia lalui dalam kondisi lintasan yang kering total. Lantas, mampukah Morbidelli meraih hasil apik demi menjaga asa meraih gelar juara dunia Moto2 di musim ini?

About the author

Budi Kurniawan

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.