News

Kualifikasi Moto2 Australia: Mattia Pasini Amankan Pole Position Kelimanya di Phillip Island

Kualifikasi Moto2 Australia: Mattia Pasini Amankan Pole Position Kelimanya di Phillip Island

Pembalap veteran di ajang Moto2, Mattia Pasini berhasil merebut pole position pada sesi Kualifikasi Moto2 Australia yang digelar di sirkuit Phillip Island. Pasini sukses mengungguli laptime milik rider Jerman yaitu Marcel Schrotter dengan selisih 0,008 detik saja sekaligus menambah koleksi pole positionnya menjadi sebanyak lima kali.

Keduanya bakal ditemani Miguel Oliveira yang sukses menyegel posisi start ketiga. Sementara itu rekan setim Oliveira sekaligus pembalap rookie Moto2, Brad Binder akan start dari posisi keempat. Duo rider tim EG 0,0 Marc VDS yaitu Franco Morbidelli serta Alex Marquez berada di posisi kelima dan keenam.

Sempat menjadi penguasa pada sesi FP1 dan FP2, peraih pole position Motegi yakni Takaaki Nakagami justru kecepatannya melorot pada sesi kualifikasi. Rider Jepang yang bakal menjadi tandem Cal Crutchlow di tim LCR Honda pada musim depan tersebut harus puas mendapatkan nomor start di urutan kedelapan.

Adapun pesaing terdekat Morbidelli di klasemen, Thomas Luthi bakal memulai lomba dari tempat ke-10. Pembalap asal Swiss tersebut bakal ditemani oleh Andrea Locatelli dari tim Italtrans Racing Team serta pemegang podium kedua balapan Motegi, Xavi Vierge.

Rookie Moto2 yaitu Francesco Bagnaia tampak kesusahan menghadapi sesi kualifikasi kali ini. Pembalap yang dipastikan menyegel gelar Rookie of The Year di ajang Moto2 tersebut hanya mampu meraih posisi start ke-17.

Jorge Navarro dari tim Federal Oil Gresini ada di posisi ke-18 di depan Lorenzo Baldassari dan Fabio Quatarraro. Kemudian pembalap asal Malaysia yang juga peraih podium ketiga Grand Prix Motegi Hafizh Syahrin harus puas berada di urutan ke-23.

Luca Marini yang mengalami crash dan sempat divonis cidera serius pada bagian leher tidak bisa menunjukkan kecepatannya di sesi kualifikasi. Pembalap asal Italia tersebut harus puas mengisi posisi juru kunci.

Sedangkan nasib apes lainnya juga diterima rider yang bakal hijrah ke kelas MotoGP, Xavier Simeon. Rider berkebangsaan Belgia tersebut dipastikan absen pada balapan Australia hari Minggu nanti lantaran menderita cidera retak jari kelingking pada tangan kanannya. Belum diketahui apakah Xavier Simeon mampu kembali berlaga di sirkuit Sepang, Malaysia nantinya.

About the author

Budi Kurniawan

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.