Komisi Grand Prix Umumkan Perubahan Aturan Tes Musim 2018 dan 2019

0

Pihak Komisi Grand Prix kemarin telah menyetujui beberapa aturan-aturan baru terkait regulasi yang akan mulai berlaku pada musim 2018 dan 2019 mendatang untuk kelas MotoGP serta Moto2. Menariknya, langkah Dorna Sport untuk mempersempit ruang gerak tim pabrikan begitu terlihat jelas ketika mereka melakukan pengurangan jatah ujicoba.

Rapat tersebut digelar bertepatan dengan race ke-15 seri MotoGP Motegi Jepang dan dihadiri oleh para petinggi-petinggi seperti Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sport), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA), Takanao Tsubouchi (MSMA), Carlos Ezpeleta (Dorna), Mike Trimby (Sekretaris IRTA) dan Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi).

Daftar regulasi yang telah diputuskan oleh pihak komisi Grand Prix:

Regulasi Teknis untuk musim 2018

  1. Sistem Airbag
    Semua wearpack pembalap mulai musim 2018 harus dilengkapi dengan sistem airbag yang memiliki tujuan utama meminimalisir adanya cidera ketika terjadi kecelakaan.
  2. Tes Mesin Triumph (Moto2)
    Setiap tim di kelas Moto2 dapat menguji coba mesin Triumph paling lama 10 hari per tim. Tim tersebut boleh menurunkan berapapun banyaknya pembalap yang mereka miliki saat melakukan uji coba.
  3. Jatah Wild Card untuk kelas MotoGP
    Setiap tim yang ingin menggunakan jatah wild card dibatasi jumlahnya sebanyak 3 motor. Spesifikasi teknis mesin, ECU, serta elektronik lainnya harus sama seperti produsen motor.

Regulasi Pengetesan Mesin Musim 2018

  1. Tes Pra musim untuk kelas MotoGP tetap dilakukan yakni dua hari setelah race final Valencia dan 3 hari di tiga tempat yang berbeda (Malaysia, Thailand, Qatar) dimana masing-masing hanya ada satu hari pengujian.
  2. Setelah mesin disegel, maka setiap tim hanya boleh melakukan pengujian selama 5 hari saja. Selain itu pengetesan sebelum race hanya diperbolehkan sebanyak 3 kali.
  3. Sisanya, tim yang melakukan pengetesan hanya bisa melakukan ujicoba di sirkuit yang pernah dilalui sebelumnya dengan catatan setelah melewati masa waktu 14 hari. Adapun pengetesan pada jeda musim panas atau musim libur para pembalap juga tidak diperkenankan berlaku mulai tanggal 16 Juli sampai 2 Agustus 2018.

Regulasi Pengetesan Mesin Musim 2019

  1. Terdapat beberapa pengurangan seperti jumlah lokasi yang semula 3 tempat maka di musim 2019 nanti untuk ujicoba hanya digunakan 2 sirkuit saja. Belum ada kepastian sirkuit manakah yang dihilangkan dari jadwal sebelumnya.
  2. Selain itu, tes privat hanya bisa dilakukan selama 5 hari saja. Dua hari pengetesan harus dilakukan setelah race terakhir Valencia sampai dengan tanggal 30 November 2018, maka sisanya para tim hanya mendapat 3 hari jatah ujicoba pada musim 2019.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.