Kerap Menang di WSBK, Kawasaki Tetap Enggan Balik Ke MotoGP

0

Sudah delapan musim lamanya Kawasaki meninggalkan hingar bingar kompetisi MotoGP dan saat ini pabrikan asal Jepang tersebut lebih memilih berkarir di ajang WSBK.

Selama fokus menjalankan proyek di Superbike, kiprah tim hijau itupun lebih moncer dengan merebut 4 kali gelar juara dunia melalui Scott Russell di musim 1993, Tom Sykes di tahun 2013, serta dua kali pada musim 2015-2016 lewat Jonathan Rea.

Banyak pihak dibuat bingung dengan keputusan Kawasaki untuk enggan kembali bertarung di MotoGP, dengan dalih tidak terlalu menguntungkan dari sisi penjualan produk. Memang semenjak GP500 berganti nama menjadi MotoGP, Kawasaki sendiri mulai sepi podium kemenangan.

Mantan rider MotoGP yang kini membela tim Honda World SBK yakni Nicky Hayden mengerti dengan keputusan yang dibuat oleh pihak Kawasaki. Juara Dunia musim 2006 tersebut menilai memang bugdet untuk bersaing di kejuaraan MotoGP tidaklah sedikit.

“Saya mengerti keputusan mereka yang memang tidak memiliki minat lagi untuk bersaing di MotoGP. Tidak murah untuk bersaing disana, jalan satu-satunya adalah mendapatkan sponsor yang mau mendanai proyek.”

“Tetapi saya rasa Kawasaki masih memiliki kemampuan untuk bersaing jika mereka mau kembali kesana. Kawasaki tahu cara merakit motor yang bagus,” serunya.

Senada dengan pernyataan pembalapnya, pimpinan Honda WSBK yaitu Ronald Ten Kate juga mendukung strategi Kawasaki yang fokus di ajang Superbike saja.

“Saat bersaing di MotoGP, nasib mereka kurang mujur hingga menyebabkan keputusan untuk menyeberang ke Superbike. Saya bisa memakluminya karena bersaing di kelas Superbike boleh dibilang lebih masuk akal. MotoGP adalah olahraga balap motor termahal di era saat ini.” paparnya.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di GoMotoGP, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.