Kemungkinan Thailand Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2018

0

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Thailand akan menjadi sasaran penyelenggaraan ajang balap MotoGP di musim 2018 mendatang. Thailand kemungkinan bisa memenuhi standar dan kualifikasi Dorna dengan adanya sirkuit internasional Chang, Buriram yang sejak 2015 telah menggelar kejuaraan World Superbike.

Salah satu media ternama Thailand (Bangkok Post) sebagaimana dilansir dari Crash menyebutkan bahwa pihak pemerintah setempat tengah memberikan sinyal positif dengan investasi besar-besaran atas sirkuit tersebut. Pihak pemerintah telah mengalokasikan sejumlah uang dengan nilai 300 juta Baht atau 8,7 juta Dollar untuk mempersiapkan dan memoles sirkuit Chang demi memenuhi standar kelayakan Dorna.

Sebagai informasi, Sirkuit Internasional Chang yang sukses menggelar ajang WSBK 2015 itu memiliki trek sepanjang 4,554 km dengan 12 tikungan. Lintasan Chang diarsiteki oleh orang yang sama yang juga merancang Sirkuit Sepang Malaysia, yaitu Herman Tilke.

Jika Thailand mampu menggelar balapan berkelas internasional tersebut tentu ini akan menjadi terobosan penting bagi perkembangan ekonomi lokal dan juga kebanggan tersendiri bagi pecinta balap di wilayah  Asia Tenggara.

Sejauh ini ada empat negara yang bersaing untuk mendapat lisensi dari Dorna selaku otoritas tertinggi penyelenggara MotoGP. Selain Thailand, Finlandia juga telah siap sejak 2016 lalu termasuk Hungaria dan Indonesia.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.