Jelang Ujicoba Qatar, Ducati Pamerkan Teknologi Terbaru

0

Selain mengandalkan duet Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso dalam balapan nanti, tim Ducati Corse ternyata juga terbantu dengan fitur teknologi terbaru mereka. Dengan menggandeng perusahaan teknologi Accenture Analytics, Ducati akan menerapkan program pengolahan data yang dihasilkan dari uji simulasi motor.

Kolaborasi tersebut diumumkan oleh Ducati Corse dalam kongres pembukaan Mobile World Congress di Barcelona. Kurang lebih nanti sekitar 100 buah internet sensor akan terpasang pada motor Desmosedici, yang kemudian terhubung kedalam komputer untuk selanjutnya diolah oleh para insinyur menjadi data yang konkret.

Alat tersebut disinyalir mampu memberikan data yang akurat meski tim Ducati hanya melakukan sedikit ujicoba. Penggunaan teknologi tersebut juga meringankan Ducati dari segi uang dan usaha, serta mampu menghemat waktu dalam menciptakan motor kompetitif di setiap ujicoba maupun perlombaan balap MotoGP.

“Kemungkinan menggunakan dua data dari tes sebelumnya dan data baru akan membantu kami lebih optimal didalam memilih setup motor.” ucap General Manager Ducati, Gigi Dall’igna.

“Alat inovatif ini akan membuat pengembangan motor ketika laga ujicoba menjadi lebih baik, dan juga membantu kita untuk mencapai kinerja tim yang bagus. Dengan alat simulasi ini, kami nantinya mampu memantau kinerja motor di berbagai kondisi cuaca dan lintasan.”

“Teknologi tersebut akan terintegrasi langsung dengan motor dan sensor yang terpasang sehingga mampu meminimalisir kerugian dari segi uang dan waktu. Kami berharap ini akan menjadi solusi yang tepat bagi Ducati.” pungkas manajer Italia tersebut.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.