Jelang MotoGP Prancis, Michelin Siapkan Ban Asimetris Baru Untuk Kondisi Dry Race

0

Selaku penyuplai ban satu-satunya di kelas MotoGP musim ini membuat Michelin ingin memberikan tekstur ban Asimetris terbaik untuk para pembalap di setiap laga. Terlebih pada balapan selanjutnya yang akan digelar di negara asal mereka, Prancis tentu Michelin tidak ingin lagi kecolongan perihal keluhan soal daya cengkram ban yang mampir kepada mereka.

Bahkan di awal bulan kemarin Michelin telah melakukan serangkaian pengujian di sirkuit Le Mans guna mengumpulkan data-data penting, pasca permukaan lintasan dilakukan pengaspalan ulang. Kondisi cuaca yang labil sempat menghambat jalannya ujicoba, namun beruntung dengan keadaan seperti itu Michelin masih bisa mendapatkan beberapa data untuk selanjutnya mereka terapkan di markas besar Michelin yang berbasis di Clermont-Ferrand.

“Seri Le Mans akan menjadi babak penting karena itu merupakan balapan di negara asal Michelin, sehingga banyak harapan yang tertuju kepada kami. Begitu juga dengan para pendukung Prancis yang akan memberikan dukungan kepada rider mereka seperti Zarco, Baz, dan juga Guintolli.” ujar Piero Taramasco selaku Motorcycle Manager Michelin.

“Awal bulan lalu kami telah melakukan uji coba untuk mencoba mendapatkan data sebanyak-banyaknya dengan permukaan aspal baru disana. Data tersebut selanjutnya kami kirim ke markas besar dan nantinya berguna untuk memberikan penampilan optimal kepada para pembalap MotoGP.”

“Hujan sempat menghalangi jalannya ujicoba namun ban masih tetap menempel dengan baiknya, begitu juga dengan saat kondisi kering tidak ada masalah. Dengan kondisi cuaca yang mudah berubah tentu tidak akan menjadi masalah besar nantinya.” pungkasnya.

Pada balapan nanti Michelin telah menyiapkan 3 tipe kompon yakni lunak, medium, serta keras. Khusus untuk ban berkompon keras, nantinya juga disediakan ban asymetris dengan konstruksi pada sisi bagian kanan lebih keras. Sementara untuk berjaga-jaga jika balapan berlangsung dalam keadaan hujan, Michelin juga telah menyiapkan 2 tipe kompon yaitu lunak dan medium.

About Author

Selain di menulis GoMotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.