Jelang Kompetisi Balap Musim 2017, Tim Ducati Akhirnya Merilis Fairing Aerodinamika

0

Pabrikan Ducati membuat sedikit kegemparan dengan menyusul tim Repsol Honda untuk merilis fairing aerodinamika terbaru milik mereka melalui motor pembalap Andrea Dovizioso. Fairing dengan bentuk menyerupai kepala ikan ‘hiu martil’ itupun diharapkan memiliki fungsi yang sama sebagai penghasil gaya downforce menggantikan sayap winglet pasca pelarangan diberlakukan.

Bila dibandingkan dengan fairing-fairing terbaru yang telah dipertontonkan oleh beberapa tim sebelumnya, fairing milik tim Ducati terlihat paling menonjol dan agresif serta banyak menyita perhatian, meski tidak sedikit yang berpendapat bahwa fairing tersebut sangatlah aneh. Jelas Ducati telah melompat terlalu jauh dari tampilan fairing tradisional.

Tim yang bermarkas di Bologna Italia itu pun mengklaim bahwa pihaknya mencoba menerapkan bentuk dari bagian depan kendaraan F1, dengan membuat dua lubang pada bagian depan. Hampir mirip dengan bentuk lubang udara milik tim Aprilia.

Sebelumnya, tim Repsol Honda sudah terlebih dahulu meluncurkan fairing terbaru mereka dalam sesi uji coba MotoGP Qatar. Namun apes, pembalap andalan sekaligus juara bertahan di musim lalu yakni Marc Marquez justru terjatuh akibat pengaruh fairing aerodinamika tersebut. Menurut sang pembalap, bagian depan motor terlalu menerima tekanan yang berlebihan hingga mengakibatkan ban depan slip.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di GoMotoGP, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.