Jelang Bergulirnya Balapan Perdana Di Qatar, Dorna Hadirkan Teknologi Baru

0

Menjelang bergulirnya musim balap MotoGP 2017, sejumlah inovasi mulai dihadirkan oleh pihak Dorna Sport selaku penyelenggara ajang balap tersebut. Baru-baru ini rencana untuk penggunaan teknologi virtual pit board mulai muncul ke permukaan publik melalui Direktur balap MotoGP, Mike Webb.

Mike Webb juga menambahkan bahwa teknologi tersebut telah rampung dikerjakan dan siap untuk dipergunakan oleh setiap tim nantinya. Namun sebelum hal tersebut terwujud, pihaknya sendiri harus mendapatkan persetujuan dari tim yang berpartisipasi serta pembalapnya.

Seperti diberitakan oleh Crash, piranti Virtual pit board sendiri merupakan teknologi yang nantinya akan membantu setiap tim untuk memberikan pesan singkat langsung kepada pembalap mengenai kondisi cuaca. Namun penggunaan teknologi tersebut ternyata juga masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan pembalap dan timnya.

“Teknologi ini nantinya akan mengirimkan pesan langsung dari tim kepada pembalap. Namun kami masih berdiskusi dengan beberapa pihak, ada yang setuju dan ada yang sebaliknya.” ucap Mike Webb dalam wawancaranya bersama situs Crash.

“Saya pikir ini sesuatu yang hampir mirip sifatnya dengan team order. Bagi saya ini hanyalah masalah keamanan saja. Bila suatu tim MotoGP mampu mengelola jalannya pertandingan beserta cuacanya, ini jelas akan membantu pembalap untuk menghindari kesalahan.”

“Teknologi ini telah siap, bahkan saat race di sirkuit Losail Qatar nanti. Namun alat ini tidak boleh digunakan sembarangan dengan menulis pesan bebas, hanya untuk alasan keamanan pembalap saja.” tandasnya.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.