News

Jelang Balapan di Le Mans, Valentino Rossi: “Diatas Kertas Yamaha Sangat Kuat”

Jelang Balapan di Le Mans, Valentino Rossi: "Diatas Kertas Yamaha Sangat Kuat"

Diatas kertas sirkuit Le Mans sangat bersahabat dengan karakter motor Yamaha. Hal tersebut dibuktikan dengan torehan kemenangan maupun podium yang telah diraih oleh para rider tim garpu tala. Namun bagaimana dengan musim ini? apakah Yamaha mampu berbicara banyak?

Menelisik kembali bagaimana performa Yamaha dalam mengarungi kompetisi balap di musim 2018 dimana YZR-M1 kerap kehilangan grip terutama dalam race terakhir di Jerez, baik Rossi dan Vinales berharap masalah tersebut tidak lagi muncul pada balapan pekan ini.

Bandingkan dengan prestasi tim Yamaha di musim sebelumnya dimana mereka begitu digdaya pada balapan pembuka. Melalui Vinales, tim yang kental akan kelir warna biru tersebut berhasil memimpin klasemen dengan 3 kemenangan dari 5 balapan.

Torehan yang terlihat bagaikan bumi dan langit seperti itulah yang jelas-jelas menjadi pekerjaan rumah pabrikan Iwata. Beruntung Johann Zarco masih bisa menyelamatkan wajah tim Yamaha lantaran sukses berada di posisi kedua klasemen sementara.

Menjelang balapan GP Prancis nanti, Valentino Rossi pun mewanti-wanti timnya agar tidak sampai menunjukkan kesalahan yang sama dimana dirinya begitu kecewa dengan balapan di Jerez. The Doctor sadar bahwa masalah elektronik yang mendera M1 menjadi kendala utama dirinya dan tim gagal tampil maksimal. Di Jerez, Rossi hanya bisa meraih finish kelima di belakang rekan senegaranya, Danilo Petrucci.

“Aku senang karena kita akan balapan di Le Mans, sirkuit yang diatas kertas sangatlah cocok dengan motor Yamaha dan kami kuat. Namun dengan situasi saat ini kami tidak bisa memprediksi hasil akhirnya karena tim lawan begitu kuat jadi kami akan melihat bagaimana potensi motor nanti saat latihan bebas.” ujar Rossi.

Musim lalu Yamaha berhasil meraih kemenangan melalui Maverick Vinales dan disusul podium kedua yang disabet oleh Johann Zarco. Namun Apes bagi Valentino Rossi yang gagal menyelesaikan lomba akibat terjatuh di lap akhir usai berduel dengan rekan setimnya.

About the author

Budi Kurniawan

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.