Jadwal MotoGP 2018 Telah Dirilis Oleh Dorna Sports (Sementara)

0

Seri

MotoGP

Tanggal

1Qatar18 Maret
2Argentina8 April
3Amerika22 April
3Jerez - Spanyol6 Mei
5Prancis20 Mei
6Mugello - Italia3 Juni
7Catalunya - Spanyol17 Juni
8Belanda1 Juli
9Jerman15 Juli
10Rep. Ceko5 Agustus
11Austria12 Agustus
12Inggris26 Agustus
13San Marino - Italia9 September
14Aragon - Spanyol23 September
15Thailand7 Oktober
16Jepang21 Oktober
17Australia28 Oktober
18Malaysia4 November
19Valencia - Spanyol18 November

Jadwal MotoGP 2018 sementara untuk musim depan telah dirilis oleh Dorna Sports melalui laman resmi motogp.com. Beberapa perubahan pun terjadi mulai dari penambahan sirkuit yang totalnya menjadi 19 laga, mundurnya jadwal race Catalunya dan juga belum jelasnya perlombaan di Inggris.

Masuknya Chang International Circuit menjadi alasan mengapa jumlah laga menjadi bertambah, setelah pihak Dorna dan Thailand sudah secara resmi menjalin kerjasama pada akhir Agustus yang lalu dengan durasi kontrak mulai musim MotoGP 2018 hingga 2020.

Race di Negeri Gajah Putih itupun akan digelar pada tanggal 7 Oktober mendatang dan nantinya Thailand sendiri akan menjadi arena pembuka Overseas yaitu perlombaan balap di wilayah Asia yang meliputi Jepang, Australia, serta Malaysia. Beruntung jarak lomba antara Thailand dengan Jepang berjeda cukup lama yakni sekitar 2 pekan.

Seperti jadwal musim lalu, sirkuit Qatar yang digelar pada malam hari akan kembali menjadi laga pembuka MotoGP 2018 sebelum para pembalap terbang ke benua Amerika. Selanjutnya perlombaan di sirkuit Jerez masih menjadi balapan perdana di tanah Eropa yang kemudian berlanjut ke seri Le Mans, Mugello, hingga laga final di Valencia.

Balapan di Catalunya bakal dimulai pada tanggal 17 Juni atau mundur satu pekan sehingga berimbas dengan jadwal di seri Assen dan Sachsenring. Kontan hal tersebut membuat jeda libur musim panas para pembalap hanya berlaku dua pekan saja dan kemudian berlanjut ke seri Brno.

Seri MotoGP Inggris 2018 yang digelar pada tanggal 26 Agustus mendatang masih dalam status TBA atau To Be Anounced (akan diumumkan) lantaran pihak Dorna dengan pihak sirkuit di Negeri Ratu Elizabeth tersebut masih dalam perundingan. Belum jelas apakah sirkuit Silverstone tetap menggelar balapan di musim depan atau pindah ke sirkuit Donnington Park.

Kami akan melakukan update apabila Dorna Sports telah memberikan kepastian jadwal MotoGP 2018 terkait tanggal dan juga sirkuit tempat penyelenggaraan balapan di setiap negara yang telah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah MotoGP 2018.

About Author

Founder Gomotogp.id sekaligus masih aktif mengelola beberapa personal blog hingga kini. Sebelumnya pernah bergabung bersama Droidlime.com.