News

Ini Strategi Jitu Marc Marquez Menangi Balapan MotoGP Le Mans

Ini Strategi Jitu Marc Marquez Menangi Balapan MotoGP Le Mans

Marc Marquez terus menunjukkan kedigdayaannya di musim balap MotoGP 2018 kali ini. Rider andalan tim Repsol Honda tersebut kini telah mengoleksi 3 kemenangan sekaligus memperkokoh posisinya di puncak klasemen dengan raihan 95 angka, unggul 36 poin dari rekan senegaranya Vinales yang ada di urutan kedua.

Menarik bila melihat kembali bagaimana progres yang dilalui oleh rider berjuluk The Baby Alien tersebut kala melakoni balapan Prancis. Menurutnya, tidak mudah bagi dirinya untuk mengarungi kompetisi tersebut usai terjatuh di sesi latihan bebas.

Diakui oleh Marc Marquez sendiri bahwa dalam balapan tersebut dirinya tidak ingin mengambil resiko lebih terutama saat melibas tikungan ketiga dimana tempat tersebut membuatnya tergelincir.

“Ya, ditikungan ketiga saya sedikit lebih berhati-hati dan lambat. Saya tidak ingin mengulangi momen tersebut dimana saya terjatuh saat FP3.” ungkap Marc Marquez dikutip dari MotoGP.com

Namun dibalik itu semua, ada strategi jitu yang dimainkan oleh seorang Marc Marquez. Penggunaan ban keras pada bagian belakang justru menjadi titik balik serta kunci kemenangannya. Marquez mengaku memiliki insting yang kuat terhadap kompon ban tersebut usai menjadi rider tercepat di sesi Warm Up pagi harinya.

“Langkah pertama adalah pemilihan ban, karena anda tahu bahwa hanya saya saja yang menggunakan ban keras di bagian belakang. Di pagi hari saya merasa motor memiliki feeling yang bagus dan saya juga mampu menjaga kecepatan secara konstan.” kata Marquez.

Kendati demikian, tidak mudah balapan dengan menggunakan ban keras di awal balapan. Pembalap asal Spanyol tersebut harus dipaksa sabar usai disalip rival-rivalnya sebelum akhirnya dewi fortuna lebih berpihak kepada pemilik 6 kali gelar juara dunia tersebut.

About the author

Adheens San

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.