News

Ini Penjelasan FIM Terkait Kecelakaan Yang Melibatkan Dovi, Lorenzo dan Pedrosa

Tabrakan Lorenzo, Dovizioso, dan Pedrosa MotoGP Spanyol 2018

Domino Effect, ya bisa disebut demikian lantaran mengacu pada insiden kecelakaan di balapan Spanyol tepatnya di sirkuit Jerez yang melibatkan 3 pembalap papan atas MotoGP yakni Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, serta Dani Pedrosa.

Ketiganya dipaksa menyelesaikan balapan lebih awal lantaran saling bersinggungan dan keluar arena. Lantas, siapakah yang pantas disalahkan atas insiden tersebut? Begini penjelasan FIM usai lakukan investigasi.

Kejadian tersebut berawal tepatnya pada lap ke-19 di tikungan ke-6 (tikungan Dry Sac) dimana saat itu terjadi duel yang cukup ketat antara 2 pabrikan yakni Ducati yang digawangi oleh Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso serta tim Repsol Honda ditangan Dani Pedrosa memperebutkan posisi kedua.

Dovizioso yang mencoba melakukan overtake pada rekan setimnya selepas lintasan straight justru sedikit melebar sehingga membuat Lorenzo bisa kembali menyalipnya. Namun sayang, Lorenzo yang saat itu hendak kembali ke jalurnya tidak melihat datangnya Pedrosa di sisi kanan dalam lintasan.

Tabrakan pun tak terhindarkan. Lorenzo menyenggol rekan senegaranya tersebut hingga membuat motornya tidak seimbang dan justru mengenai Dovizioso yang saat itu tengah mencoba kembali ke racing linenya. Kedua rider tim Bologna itupun meluncur ke gravel dan gagal melanjutkan balapan lantaran kerusakan pada motor mereka terlihat cukup parah.

Pun demikian dengan Pedrosa yang tersenggol oleh Lorenzo mengakibatkan motornya mengalami highside hingga rider bernomor 26 tersebut terlempar keudara. Sempat terlihat kesakitan, rider tuan rumah itupun diprediksi terancam tidak dapat mengikuti balapan di seri Le Mans, Perancis minggu depan.

Hal tersebut jelas menggagalkan aksi Pedrosa untuk tampil maksimal di musim ini lantaran pada dua seri sebelumnya yaitu Austin dan Argentina juga telah absen.

Insiden Jerez itupun tentu saja tidak luput dari pengawasan FIM Steward dan tidak butuh waktu yang lama bagi otoritas tersebut untuk mengeluarkan statement selepas melakukan investigasi kepada ketiganya. FIM memutuskan untuk tidak memberikan hukuman baik itu untuk Lorenzo, Dovizioso, maupun Pedrosa dan menganggap insiden tersebut merupakan bagian dari racing incident.

About the author

Ponang Pramukta

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.