Hungaria Berniat Menjadi Tuan Rumah MotoGP 2018

0

Hungaria disebut–sebut ingin menjadi tuan rumah ajang kejuaraan grandprix roda dua MotoGP di tahun 2018 nanti dengan menggunakan sirkuit Hungangoring. Sejatinya mereka berniat menjadikan sirkuit Balatoning sebagai tuan rumah pada tahun 2009 silam, namun proyek tersebut akhirnya dibatalkan karena masalah finansial.

Peremajaan sirkuit sudah dimulai sejak setahun yang lalu dengan dilakukannya pengaspalan ulang serta ditambahkannya kerb–kerb atau area pinggiran yang baru. Rencananya, renovasi sirkuit yang dibangun pada tahun 1985 tersebut akan dilakukan sebanyak tiga tahap.

Perubahan pertama kali dipusatkan pada modifikasi beberapa tikungan dan area run off yang sesuai dengan standar balap MotoGP. Selanjutnya pembangunan tribun bagi penonton serta ruang komentator yang berada di gedung utama. Lalu pada tahap akhir akan dibangun pusat pengunjung, museum, dan juga fasilitas-fasilitas lainnya.

CEO sirkuit Hongangoring yakni Zsolt Gyulay juga mengatakan bahwa pihak–pihaknya kini telah berdiskusi bersama FIM untuk menentukan hal apa saja yang menjadi standar kelayakan untuk menggelar balap MotoGP.

“Selama berjalannya renovasi, kami akan melakukan pembicaraan bersama FIM untuk mencari tahu apa saja syarat kelayakan digelarnya MotoGP. Seluruh elemen masyarakat serta pemerintahan harus terlibat sepenuhnya jika Hungaria ingin menjadi tuan rumah di tahun 2018 nanti.” ucapnya kepada saluran TV Hungaria,M1.

Sirkuit Hungangoring sebelumnya di tahun 2016 telah memperpanjang kontrak mereka bersama pihak penyelenggara kejuaraan F1 hingga musim 2026 nanti. Sirkuit yang terletak di dekat ibukota Hungaria, Budapest tersebut lebih sering menggelar balapan roda empat seperti F1, WTCC (World Touring Car Championship), DTM (Deutsche Tourenwagen Master) dibandingkan dengan ajang balap roda dua. Hanya pada tahun 1990 dan 1992 saja digelarnya GP 500cc dengan Mick Doohan dan Eddie Lawson keluar sebagai juaranya.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.