HRC Gunakan Jasa Mantan Pembalapnya Untuk Lakukan Shakedown Lap

0

Mantan pembalap MotoGP yakni Sete Gibernau ternyata turut hadir di dalam sesi tes tertutup yang diadakan oleh pihak Repsol Honda kemarin. Kehadiran mantan rival Valentino Rossi tersebut di dalam garasi Honda nyatanya bukan tanpa alasan.

Selain menunjuk Sete Gibernau untuk menjadi pelatih mental Dani Pedrosa, tim Honda juga meminta bantuan darinya untuk melakukan shakedown lap. Strategi tersebut dilakukan Honda guna mengetahui ataupun mengecek kondisi motor sebelum digunakan pada keesokan harinya.

Tim Honda sendiri mendapatkan jatah 3 hari pengujian di sirkuit Jerez. Namun karena cuaca yang buruk di hari pertama Jumat, Honda terpaksa harus membatalkan satu hari sesi pengujian. Hal tersebut tentunya membuat Honda membuang satu waktu berharga untuk melakukan pengetesan.

Setiap pembalap di kelas MotoGP mendapat jatah lima hari pengujian dalam satu musim. Jika Honda menurunkan Marquez dan Dani pada hari tersebut maka keduanya sudah termasuk dalam hitungan. Oleh karenanya, tim berlogo sayap tunggal ini berinisiatif untuk memakai jasa dari Sete Gibernau, dengan tujuan menyiasati limit tes privat di kelas MotoGP.

Strategi seperti ini sebenarnya susah pernah dilakukan oleh HRC pada sesi tes tertutup di sirkuit Misano musim lalu. Kala itu adik dari juara dunia musim 2016 Marc Marquez yakni Alex Marquez diberikan jatah oleh Honda untuk melakukan beberapa putaran dengan menunggangi RCV.

About Author

Selain di menulis GoMotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.