Sekilas Line Up MotoGP 2017 : Hijrahnya Beberapa Rider Dan Masuknya Tiga Pembalap Moto2

0

Line up MotoGP musim 2017 belum terbentuk dengan sempurna, namun beberapa tim dan pabrikan telah selesai menentukan rider mereka.

Seperti Movistar Yamaha yang telah memastikan kontrak bersama Rossi dan Vinales, Ducati yang merekrut Lorenzo dan tetap mempertahankan Dovizioso serta Repsol Honda yang masih menaruh harapan besar kepada Marquez dan Pedrosa.

Tim-tim papan atas telah merampungkan persiapan dan memang tidak terjadi perpindahan yang cukup signifikan kecuali Lorenzo, Iannone, dan Vinales yang harus saling bertukar tempat. Tentu “hijrah”nya para rider ini akan memberikan nuansa dan warna berbeda pada musim depan.

Meski demikian beberapa tim satelit seperti Monster Yamaha Tech 3 serta pabrikan Aprilia dan Suzuki masih belum menentukan opsi rider yang lengkap pada musim depan. Bahkan kabarnya akan ada tiga pembalap Moto2 yang akan masuk ke ajang MotoGP pada musim depan.

Hal ini tidak terlepas dari bergabungnya pabrikan KTM mulai tahun depan. Ambisi KTM memang sangat tinggi. Pabrikan asal Austria ini bahkan telah merampungkan line up mereka dengan “membajak” dua pembala Yamaha tech 3 sekaligus, Bradley Smith dan Pol Espargaro.

Hilangnya dua pembalap andalan tersebut membuat yamaha tech 3 harus mencari pengganti dan inilah yang mengharuskan mereka merekrut pembalap Moto2. Tiga nama yang masuk dalam daftar “buruan” tech 3 adalah Alex Rins, Sam Lowes, dan Johann Zarco.

Akan tetapi, pabrikan satelit yamaha itu harus bersaing hebat dengan Suzuki jika ingin mendatangkan Rins. Pasalnya Rins menjadi target utama Suzuki untuk menemani Andrea Iannone.

Masuknya tiga bintang Moto2 ini tentu akan semakin membuat nuansa MotoGP semakin kompetitif. Apalagi ketiganya adalah pembalap muda yang sangat potensial. Kiranya dengan kehadiran wajah-wajah baru mengisi Line Up MotoGP 2017, maka akan menjadi musim yang paling ditunggu-tunggu.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.