Hasil Investigasi Kecelakaan Yang Melibatkan Nicky Hayden Resmi Diumumkan

0

Kasus kecelakaan lalu lintas yang menewaskan mantan juara dunia MotoGP tahun 2006, Nicky Hayden kabarnya sudah menemui titik terang. Pasalnya pihak tim penyidik telah mengantongi hasil investigasi sebab musabab terjadinya kecelakaan tersebut dengan melibatkan rekaman CCTV, saksi, dan pengakuan dari pengemudi mobil itu sendiri.

Dilansir dari Marca, dalam investigasi tersebut menjelaskan bahwa kedua belah pihak baik itu Nicky Hayden ataupun pengendara mobil Peugeot sama-sama bersalah. Namun dalam kasus ini kesalahan lebih dititik beratkan kepada penabrak lantaran mengemudi dengan kecepatan 70 km/jam yang artinya melebihi batas kecepatan yang sudah ditetapkan yakni 50 km/jam.

Selain itu ditemukan fakta lain bahwa saat terjadinya tabrakan pihak pengemudi mobil tidak langsung menginjak pedal rem dan tetap memacu kendaraannya. Pihak penyidik pun menyayangkan aksi dari pengendara mobil yang seandainya saja bisa lebih mengurangi kecepatan kendaraannya maka dipastikan tidak akan terjadi kecelakaan.

Sementara itu mendiang Nicky Hayden juga turut memiliki kesalahan karena tidak fokus memperhatikan rambu yang sudah ditetapkan, dan ditambah pembalap Superbike tersebut tengah bersepeda sambil mendengarkan musik lewat headphone.

Jika memang terbukti bersalah, maka pihak pengadilan bisa saja memberikan pasal kelalaian dan kecerobohan hingga menyebabkan orang lain meninggal kepada pengendara mobil. Pihak pengendara mobil dan pengacara diberikan tenggat waktu selama 20 hari untuk mengajukan banding terhadap putusan tersebut.

Di dalam hukum peradilan Italia sendiri, jika seorang pengemudi kendaraan terbukti bersalah menghilangkan nyawa orang lain maka akan mendapatkan tuntutan hukuman penjara selama 5 hingga 10 tahun.

Seperti yang kita ketahui, Nicky Hayden mengalami kecelakaan lalu lintas pada tanggal 17 Mei 2017 silam hingga mengakibatkan cidera parah di kepala. Pembalap tim Honda Superbike itupun sempat bertahan selama lima hari di Rumah Sakit kota Rimini, sebelum akhirnya menyerah dengan cideranya dan dinyatakan meninggal dunia.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.