Hasil Balapan MotoGP Belanda 2017: Kemenangan Dramatis Valentino Rossi di Assen

0

Hasil yang diraih Valentino Rossi pada balapan MotoGP Belanda 2017 di lintasan Assen mengantarkan kembali pembalap Yamaha tersebut ke zona tiga besar klasemen sementara musim ini.

Setelah 1 tahun lamanya puasa kemenangan, Rossi berhasil menyabet podium perdananya di musim 2017 ini. Start dari posisi ke-4, The Doctor akhirnya sukses memenangi duel ketat melawan Danilo Petrucci di lap-lap akhir. Hasil tersebut juga menjadikan namanya sebagai rider paling tua yang pernah menang di kelas MotoGP.

Berkat kemenangan fantastis tersebut, Rossi menambah jumlah koleksi podiumnya di sirkuit Assen menjadi total 10 kali kemenangan. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, kans Rossi untuk bersaing memperebutkan gelar juara dunia musim ini kembali terbuka setelah rival sekaligus rekan satu timnya Vinales justru tersungkur keluar lintasan.

Sementara itu finish kedua Petrucci dalam race tadi menjadi podium keduanya di musim ini di kelas MotoGP. Sebelumnya pembalap berjuluk Petrux tersebut sukses menggapai podium perdananya lewat race GP Mugello, beberapa waktu yang lalu.

Aksi menakjubkan lainnya juga ditunjukkan oleh peraih podium ketiga, Marc Marquez. Sebagai seorang pemilik tiga kali gelar juara dunia, Marquez mampu tampil tenang meladeni serangan dari Cal Crutchlow serta Andrea Dovizoso.

Adapun peraih pole position GP Assen, Johann Zarco, gagal meraih hasil yang positif dan finish di posisi ke-14. Melesat semenjak lampu dipadamkan, pembalap asal Prancis tersebut mampu menjadi pemimpin lomba sebelum akhirnya disalip oleh Rossi. Bahkan keduanya sempat bersenggolan, beruntung tidak ada insiden yang berlebih.

Hasil Balapan MotoGP Belanda 2017

No Pembalap Tim
1 Valentino Rossi Movistar Yamaha
2 Danilo Petrucci Octo Pramac
3 Marc Marquez Repsol Honda
4 Cal Crutchlow LCR Honda
5 Andrea Dovizioso Ducati Team
6 Jack Miller Marc VDS
7 Karel Abraham Aspar Team
8 Loris Baz Avintia Racing
9 Andrea Iannone Suzuki Ecstar
10 Aleix Espargaro Aprilia Gresini
11 Pol Espargaro KTM
12 Tito Rabat Marc VDS
13 Dani Pedrosa Repsol Honda
14 Johann Zarco Yamaha Tech 3
15 Jorge Lorenzo Ducati Team
16 Hector Barbera Avintia Racing
17 Alex Rins Suzuki Ecstar
DNF Scott Redding Octo Pramac
DNF Alvaro Bautista Aspar Team
DNF Bradley Smith KTM
DNF Maverick Vinales Movistar Yamaha
DNF Jonas Folger Yamaha Tech 3
DNF Sam Lowes Aprilia Gresini
Pemenang race Assen musim lalu yakni Jack Miller tampil cukup apik dengan meraih finish di urutan ke-6. Raihan positif Miller juga diikuti oleh Karel Abraham yang selesai di tempat ke-7 serta Loris Baz di posisi ke-8.

Nasib apes lainnya juga dialami oleh rider tim Ducati, Jorge Lorenzo. Mengawali start dari posisi ke-21, Lorenzo hanya mampu finish di urutan ke-15. Bahkan dirinya harus rela di overlap oleh Valentino Rossi selepas memutuskan untuk mengganti motor.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.