Haruchika Aoki, Sosok Rider Jepang yang Turut Berjasa di Karir Valentino Rossi

0

Valentino Rossi, rider asal Italia dengan bakat alami yang tidak pernah diragukan kemampuannya tersebut merupakan salah satu pembalap tersukses sepanjang sejarah balap motor. Hingga saat ini koleksi sembilan gelar juara dunia menjadi pencapaian terbaiknya di lintasan MotoGP.

Kedigdayaan Rossi dengan mengantongi berbagai gelar tentu tidak diraihnya secara instan. Kerja keras serta peran dari orang-orang terdekat di lingkungannya jelas mempengaruhi tumbuh kembang pembalap berjuluk The Doctor tersebut hingga saat ini.

Selain didikan dari sang ayah yakni Graziano Rossi yang juga mantan pembalap di era GP500, Rossi juga memiliki mentor lainnya.

Adalah seorang rider kelas 125cc dan 250cc dari Negeri Sakura, Haruchika Aoki. Kala itu Rossi pertama kali bertemu dengan Aoki di tahun 1995 silam.

Aoki sendiri bisa dibilang pencetus pertarungan tikungan terakhir atau tepatnya yang kini bernama tikungan Jorge Lorenzo di sirkuit Jerez bersama Emilio Alzamora pada tahun 1996. Aoki yang berstatus sebagai juara dua kali 125cc sukses melakukan overtake dan merebut podium pertama.

“Rossi adalah seorang anak yang baik dan menyenangkan, saya menjadi salah satu orang yang mengajarinya bagaimana cara menyalip dengan benar dan membuat strategi lomba yang tepat.” ujar Aoki disadur dari Motorsport-Magazine.

“Dia sering membuntuti saya baik pada sesi latihan maupun saat perlombaan. Vale selalu antusias untuk melihat bagaimana cara saya menjaga kecepatan dan membuat catatan waktu putaran yang stabil.”

“Saya masih ingat di suatu perlombaan ia berusaha untuk sedekat mungkin dengan saya. Jika saya menyalip, maka dia akan melakukan hal yang sama, begitu juga dengan sebaliknya,” jelasnya.

Kendati mampu memberikan pelajaran yang tepat bagi Rossi hingga bisa sehebat sekarang ini, namun kiprah Aoki sendiri kalah mentereng. Rider Jepang tersebut gagal bersinar di kelas 500cc, hingga Aoki membuat keputusan untuk memilih pensiun dini di usia yang masih tergolong muda, 26 tahun.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.