Gunakan Komponen Baru, Pol Espargaro Raih Finish Terbaiknya Bersama KTM

0

Hasil positif yang diraih oleh Pol Espargaro diatas motor KTM RC16 nyaris saja tertutup oleh euforia kemenangan yang ditorehkan Marc Marquez serta comebacknya Valentino Rossi di MotoGP Aragon. Padahal mantan pembalap satelit Yamaha tersebut berhasil finish di urutan ke-10 dengan selisih waktu 14 detik saja dari pemenang lomba.

Progres tersebut jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan raihan KTM ketika sama-sama mentas di kondisi lintasan yang kering. Pada seri Grand Prix Silverstone saja Pol Espargaro finish di posisi ke-11 dengan jarak 30 detik dari Andrea Dovizioso yang berhasil menyabet podium utama, itu artinya ada sekitar 16 detik kesenjangan waktu yang berhasil dipangkas oleh tim KTM.

“Aku begitu gembira dengan hasil di Aragon. Kami berhasil finish hanya 14 detik dari pemenang lomba, tentu itu merupakan hasil terbaik KTM di musim ini. Luar biasa ! Sangat menyenangkan ketika kami berhasil masuk ke 10 besar dan bertarung melawan Johann Zarco, Cal, dan beberapa pembalap dengan motor yang jauh lebih kompetitif.” ucap Pol Espargaro.

Lantas, apa saja faktor-faktor penting yang berhasil membuat nama KTM melejit di Aragon? Mengingat tim asal Austria tersebut masih minim pengalaman untuk bersaing dengan tim-tim besar di kelas para raja. Mantan juara dunia ajang Moto2 musim 2013 itupun membeberkan beberapa kuncinya.

“Di Aragon kami menggunakan sasis baru yang tentu saja memberikan efek positif khususnya ketika berbelok. Jadi ketika aku mencoba mengambil sudut tikungan lebih awal maka aku bisa membuka gas lebih awal. Efeknya adalah anda mendapatkan akselerasi lebih cepat dan tambahan kecepatan ketika melibas lintasan lurus.” serunya.

“Selain itu semangat dan suasana di dalam tim begitu aku suka. Jadi di setiap akhir lomba aku selalu duduk bersama Sebastian yang merupakan leader project di KTM. Ia selalu bertanya kepadaku tentang apa saja yang kurang dari motor ini atau bagaimana cara membuat motor KTM menjadi lebih kencang. Kata-kata darinya begitu luar biasa.” tukas adik dari pembalap tim Aprilia, Aleix Espargaro.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.