Gigi Dall’igna: “Hilangnya Winglet Sebagai Masalah Utama Ducati Saat Ini”

0

Hasil kurang memuaskan diraih oleh kedua pembalap pabrikan Ducati kala menjalani sesi ujicoba Australia. Bintang MotoGP Jorge Lorenzo dan juga teammatenya Andrea Dovizioso hanya mampu meraih tempat ke-7 dan ke-8.

Gigi Dall’igna selaku General Manager Ducati Corse menjelaskan bahwa minusnya winglet pada sepeda motor Ducati merupakan salah satu penyebab paling kuat atas jebloknya penampilan rider mereka.

“Setelah menjalani serta melihat hasil tes Philip Island, ternyata kami belum mampu mencapai target disana. Untuk pertama kali tanpa adanya winglet pada motor Desmosedici telah menunjukkan dampak begitu besar dari yang kami harapkan.” kata Gigi mengutip dari laman speedweek.

“Kami telah mengikuti aturan, yang tampaknya tidak ideal dengan kondisi Ducati. Namun justru menguntungkan tim lain karena mampu mengeksplorasi batas-batas mereka.”

Sudah bukan rahasia lagi bila Ducati telah merupakan tim pertama yang mempelopori munculnya winglet, sebagai piranti penghasil aerodinamika pada motor Desmosedici. Oleh sebab itulah, dengan aturan pelarangan di MotoGP tersebut jelas sulit bagi Ducati untuk bersaing.

“Data yang telah kami kumpulkan menunjukkan bahwa kita terlalu sedikit menerima tekanan pada bagian depan motor. Itu adalah masalah utama kami saat ini. Kami juga merasa dibatasi dalam melakukan pengembangan aerodinamika yakni dua kali per musim. Maka dari itu kami ragu untuk membawa perkembangan baru pada motor Ducati.” papar manajer Italia tersebut.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.