Daftar Gaji Pembalap MotoGP 2017

0

Euforia MotoGP 2017 tidak hanya mendatangkan banyak ekspektasi terkait jalannya pertarungan di atas lintasan nanti. Perubahan line up termasuknya bergabungnya pabrikan KTM serta hadirnya empat rookie dari kelas Moto2 pun turut menyita perhatian.

Peta pertarungan di ajang balap roda dua paling prestigius ini sepertinya akan memasuki babak kejayaan (golden era). Komposisi pertarungan pun semakin terbuka lebar dengan bergabungnya Lorenzo ke Ducati.

Tiga pembalap besar yang sudah sering mencicipi gelar juara dunia akan bertarung di bawah panji pabrikan masing-masing. Lorenzo dengan jubah merahnya, Valentino Rossi yang kini diperkuat dengan hadirnya Maverick Vinales di kubu movistar yamaha, serta Marc Marquez yang tetap setia bersama Repsol honda.

Melihat dinamika ini tentu sangat sulit untuk menebak siapa nanti yang akan menduduki tahta kemenangan di musim ini.

Well, ini bukan waktunya untuk bermain tebak-tebakan dan berekspektasi. Mari sejenak kita lupakan soal tingginya tensi pertarungan di atas lintasan dengan mengintip sesuatu yang selama ini membuat penggemar MotoGP penasaran. Sesuatu yang tersimpan di balik garasi para pembalap.

Nilai kontrak atau gaji. Kita mungkin penasaran seberapa besar Valentino Rossi dibayar sehingga masih mau menunggangi YZR-M1 meski usianya kini tak lagi muda. Kita mungkin bertanya-tanya berapa dana yang dihabiskan Ducati untuk “membajak” Jorge Lorenzo agar mau meninggalkan Yamaha. Atau seberapa besar gaji Marc Marquez sehingga Dia begitu nyaman bersama honda?

Berdasarkan data yang kami dapatkan dari totalsportek, gaji tertinggi pembalap MotoGP ternyata menjadi milik Valentino Rossi dan Marc Marquez. Keduanya dibayar dengan nominal 10 juta Dollar setiap tahunnya. Jika kurs saat ini adalah 13.000 per USD, maka income Valentino Rossi dan Marquez sebesar 130 milyar Rupiah per musim.

Sebuah angka yang fantastis sekaligus menjadi salah satu alasan kenapa Rossi masih betah berkiprah di MotoGP dan Marquez masih nyaman di dalam garasi Honda. Situs resmi Forbes bahkan menyebutkan bahwa total kekayaan bersih The Doctor yang didapatnya selama berkarir di MotoGP mencapai 135 juta dollar.

Gaji Pembalap MotoGP

No Pembalap Gaji
1 Valentino Rossi (Yamaha) $10m
2 Marc Marquez (Repsol Honda) $10m
3 Jorge Lorenzo (Ducati) $7m
4 Dani Pedrosa (Repsol Honda) $2.5m
5 Andrea Dovizioso (Ducati) $2.5m
6 Maverick Vinales (Yamaha) $1.5m
7 Andrea Iannone (Suzuki) $1.2m
8 Pol Espargaro (KTM) $1m
9 Bradley Smith (KTM) $1m
10 Alex Rins (Suzuki) $900.000
11 Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) $900.000
12 Cal Crutchlow (Honda LCR) $900.000
13 Danilo Petrucci (Pramac) $700.000
14 Scott Redding (Pramac) $700.000
15 Jack Miller (Honda Marc VDS) $350.000
16 Sam Lowes (Aprilia Gresini) $300.000
17 Loris Baz (Avintia Ducati) $250.000
18 Tito Rabat (Honda Marc VDS) $150.000
19 Hector Barbera (Avintia Ducati) $150.000
20 Karel Abraham (Aspar Ducati) N/A
21 Alvaro Bautista (Aspar Ducati) N/A
22 Johann Zarco (Tech 3 Yamaha) N/A
23 Jonas Folger (Tech 3 Yamaha) N/A
Bayaran tertinggi selanjutnya diberikan kepada Jorge Lorenzo. ex-rider yamaha tersebut di gaji 7 juta Dollar pertahun oleh pihak ducati. Beberapa media luar menyebutkan bahwa Ducati harus membayar 12,5 juta dollar untuk memboyongnya keluar dari garasi yamaha.

Sementara itu Dani Pedrosa menempati posisi empat dengan gaji 2,5 juta dollar setiap tahunnya. Jumlah yang sama dengan pendapatan Andrea Dovizioso dari pihak Ducati.

Meski masih berstatus pembalap baru di garasi yamaha, namun Maverick Vinales mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan musim sebelumnya. Pihak tim garpu tala pun menggaji pria kebangsaan Spanyol itu dengan nominal 1,5 juta dollar pertahun.

Last but not least, meski tak sarat akan prestasi, namun pihak KTM rela membayar dua pembalapnya yakni Pol Espargaro dan Bradley Smith sebesar 1 juta dollar permusim.

About Author

Founder Gomotogp.id sekaligus masih aktif mengelola beberapa personal blog hingga kini. Sebelumnya pernah bergabung bersama Droidlime.com.