News

Franco Morbidelli Sebut Penyebab Jatuhnya Marquez di Balapan Mugello

Franco Morbidelli Sebut Penyebab Jatuhnya Marquez di Balapan Mugello

Jatuhnya Marc Marquez saat melakoni balapan di Mugello pekan lalu memunculkan banyak pertanyaan dari berbagai pihak. Pasalnya, kecepatan balap sang juara dunia tersebut tidaklah terlalu kencang kala menguntit Lorenzo. Selain Marquez, beberapa pasukan Honda juga gagal melaju dengan apik. Lantas ada gerangan apakah yang menyebabkan para pembalap tersebut tumbang?

Marquez tumbang ketika balapan baru menginjak 5 putaran. Tidak ada traksi kontrol yang berlebihan dari RCV213, begitu juga dengan ritme balapnya. Tiba-tiba saja Marquez kehilangan kendali atas roda depannya dan meluncur keluar lintasan.

Sempat ada usaha dari pembalap Spanyol tersebut dengan mencoba menggunakan gaya balap ‘elbow down’ miliknya. Namun karena motor sudah terlalu miring dan ditambah licinnya tepi lintasan membuat Marquez harus terjatuh untuk pertama kalinya saat race di musim ini.

Adalah Franco Morbidelli yang memberikan jawaban mengenai penyebab terjatuhnya rider Honda. Anak asuh Valentino Rossi tersebut gagal menunjukkan aksi terbaiknya dan hanya mampu finish di urutan ke-15. Morbidelli lantas memberikan gambaran mengenai jebloknya penampilan rider Honda di Mugello kemarin.

Menurutnya, ban Michelin menjadi biang keladi kegagalan pembalap Honda membendung kedigdayaan tim lawan. Di Mugello, satu-satunya supplier ban di kelas para raja tersebut menyediakan berbagai macam pilihan ban asimetrik. Marc Marquez yang start dari posisi keenam menjatuhkan keputusannya untuk menggunakan ban hard.

“Semua pilihan yang disediakan oleh Michelin selalu tidak cocok bagi kami. Aku memilih ban lunak, sementara Marquez memilih ban keras pada sisi kanan dan lembut di sisi kirinya. Sejatinya ban tersebut bagus untuk akhir lomba namun semenjak sesi latihan bebas banyak pembalap yang berjatuhan menggunakan ban tersebut.” ungkap Morbidelli.

Selain Morbidelli, ada rider tim satelit Honda lainnya yakni Cal Crutchlow yang sedikit beruntung lantaran bisa finish di posisi keenam. Crutchlow menjelaskan bahwa pembalap Honda memang tidak memiliki perpaduan ban yang cocok dengan layout Mugello.

“Kita berjuang begitu keras karena tidak ada ban yang cocok semenjak awal. Walaupun kami memutuskan untuk menggunakan ban medium, namun itu tetap saja keputusan yang keliru. Ban keras memang lebih baik namun kita harus lebih hati-hati saat menyalip lawan.” kata Crutchlow.

About the author

Ponang Pramukta

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.