News

FP3 MotoGP Australia: Marc Marquez Keluar Sebagai Rider Tercepat di Lintasan Basah Phillip Island

FP3 MotoGP Australia: Marc Marquez Keluar Sebagai Rider Tercepat di Lintasan Basah Phillip Island

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dikukuhkan sebagai rider tercepat pada sesi FP3 MotoGP Australia. Dibawah guyuran hujan serta suhu yang rendah, rider Spanyol tersebut melibas trek Phillip Island dengan catatan waktu terbaiknya yakni 1 menit 38,522 detik. Hasil tersebut diikuti oleh Johann Zarco yang hanya berselisih 0,461 detik di urutan kedua.

Adapun KTM sukses melakukan langkah impresif dengan menempatkan wakil mereka, Pol Espargaro di tempat ketiga. Begitu juga dengan Karel Abraham yang merupakan punggawa tim Aspar berhasil mendarat di urutan keempat.

Raihan kedua pembalap diatas juga disusul oleh Danilo Petrucci di nomer lima dan rekan satu tim Marquez di tim Honda, Dani Pedrosa yang berada di urutan keenam.

Pemenang balapan musim lalu, Cal Crutchlow masih berkutat di posisi ketujuh dengan ditemani oleh Andrea Dovizioso yang posisinya melorot ke urutan 8. Sementara itu Hector Barbera berhasil memperbaiki performanya dan menempati urutan ke-9. Sayangnya catatan waktu tersebut gagal membuatnya lolos ke Q2. Pembalap tuan rumah, Jack Miller menjadi rider tercepat ke-10.

Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi gagal memanfaatkan momentum di sesi latihan bebas ketiga kali ini. Kedua pembalap yang pernah menjalin kerjasama tersebut harus terlebih dahulu bekerja ekstra keras pada sesi Kualifikasi 1 (Q1) sebelum mendobrak sesi final.

Jorge Lorenzo hanya mampu menempati posisi ke-11 dengan torehan waktu 1 menit 39,956 detik. Sementara Valentino Rossi yang tidak bergeming semenjak hari pertama ada di urutan ke-12.

Namun meski Marquez menjadi yang tercepat, laptime yang digabungkan adalah catatan waktu para pembalap di sesi FP1 dan FP2 guna menentukan siapa saja 10 pembalap tercepat yang lolos ke sesi Kualifikasi 2 atau Q2. Hasilnya, Aleix Espargaro menjadi rider tercepat disusul oleh Marquez, Dovizioso, Crutchlow, Vinales, Miller, Iannone, Johann Zarco, Pedrosa, serta Pol Espargaro.

About the author

Ponang Pramukta

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.