News

FP3 Aragon: Marc Marquez Kembali Jadi Yang Tercepat, Valentino Rossi Ke-10

fp3-aragon-marc-marquez-kembali-jadi-yang-tercepat-valentino-rossi-ke-10

MotoGP Aragon di hari Sabtu ini dimulai dengan sesi latihan bebas ke-3, dimana pada sesi tersebut menjadi penentu bagi 10 pembalap tercepat agar bisa lolos ke sesi Kualifikasi 2 (Q2). Berbeda dengan kondisi cuaca pada sesi FP1 dan FP2 hari sebelumnya, di sesi kali ini berjalan dengan kondisi lintasan yang kering.

Dengan kondisi ideal tersebut, banyak terjadi perubahan di posisi laptime para pembalap terutama di urutan teratas. Dimulai dari sang juara dunia bertahan Marc Marquez pada awal sesi, kemudian di pertengahan sesi gantian pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang mengambil posisi, dan pada 10 menit terakhir kembali Marc Marquez mampu mempertajam torehan waktunya sekaligus menjadi pembalap tercepat.

Di posisi tercepat kedua ada nama rider Movistar Yamaha yakni Maverick Vinales yang tampaknya mengalami kemajuan pesat bila dibandingkan sesi latihan sebelumnya. Dalam keadaan lintasan kering, Vinales hanya kalah cepat sekitar 0,310 detik saja dari Marc Marquez.

Begitu juga dengan Valentino Rossi yang sukses melakukan improve dan akhirnya mampu menempati urutan ke-10, sekaligus menjadi pembalap terakhir yang lolos ke sesi Q2. Dengan langkah pincangnya, The Doctor bisa mencetak laptime 1 menit 49, 223 detik.

Rekan satu tim Marquez di kubu Repsol Honda, Dani Pedrosa berhasil menjadi pelengkap posisi tiga besar. Sempat melesat di sesi FP2, kali ini Pedrosa harus mengakui keunggulan rekan senegaranya dengan selisih waktu 0, 431 detik.

Dua kejutan datang dari pembalap satelit Ducati Alvaro Bautista yang menempati urutan ke-4 dan rider wildcard tim KTM, Mika Kalio di posisi selanjutnya. Bahkan Mika Kalio sempat menggebrak dengan menduduki urutan kedua di pertengahan sesi.

Andrea Dovizioso akhirnya mampu memperbaiki performanya dan berhasil meraih posisi tercepat ke-6, diatas rider Aprilia yaitu Aleix Espargaro dan pembalap tim LCR Honda, Cal Crutchlow.

Sementara itu nasib kurang beruntung diraih oleh rekan setimnya yakni Jorge Lorenzo yang dipaksa turun ke posisi 11. Mantan pembalap Yamaha tersebut harus berjuang keras di sesi Q1 nanti agar bisa lolos ke sesi Q2.

Sebanyak lima pembalap kurang beruntung disesi ini lantaran mengalami kecelakaan, diantaranya adalah duet Yamaha Tech3 Jonas Folger dan Johann Zarco, Sam Lowes, Jack Miller, dan yang terakhir Andrea Iannone.

About the author

Ponang Pramukta

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.