News

FP2 MotoGP Australia: Aleix Espargaro Bawa Aprilia Puncaki Sesi Latihan Kedua di Phillip Island

FP2 MotoGP Australia: Aleix Espargaro Bawa Aprilia Puncaki Sesi Latihan Kedua di Phillip Island

Aleix Espargaro berhasil membawa tim Aprilia memuncaki sesi FP2 MotoGP Australia di sirkuit Phillip Island, dengan mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,225 detik. Pembalap asal Spanyol tersebut mampu memperbaiki performanya setelah di sesi FP1 terdampar di luar 10 besar dan akhirnya berada di depan Marc Marquez serta Andrea Dovizioso.

Kondisi lintasan yang cerah berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh tim Aprilia. Catatan waktu yang ditorehkan oleh Aleix Espargaro di pertengahan sesi ternyata tidak mampu dipatahkan oleh pembalap manapun.

Bahkan Marc Marquez yang terkenal selalu memacu tunggangannya over limit di setiap sesi pun tidak sanggup menjebol torehan laptime rekan senegaranya tersebut.

Di posisi keempat ditempati oleh pemenang balapan musim lalu yaitu Cal Crutchlow yang terpaut 0,104 detik dari pembalap tercepat. Rider berpaspor Inggris tersebut mampu mengungguli raihan dari pembalap Yamaha, Maverick Vinales yang tetap berada di posisi kelima.

Vinales sempat terjatuh dengan kencang keluar lintasan saat melintasi tikungan kedelapan. Beruntung mantan rider tim Suzuki tersebut sanggup berdiri kembali dan berjalan keluar, tidak ada cidera serius yang menimpanya.

Tiga pembalap mengalami penurunan posisi, dimulai dari local boy Jack Miller yang turun ke tempat keenam, Andrea Iannone di posisi ketujuh, dan Johann Zarco yang meluncur ke urutan ke-8. Namun catatan waktu ketiganya masih tergolong aman untuk sesi selanjutnya.

Adapun rekan setim Marquez, Dani Pedrosa akhirnya berhasil masuk ke posisi 10 besar dengan menempati posisi ke-9. Sementara itu Pol Espargaro kecepatannya menurun dan harus puas mengisi posisi kesepuluh.

Nasib kurang bagus dialami oleh dua pembalap top MotoGP, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Keduanya hanya mampu menjadi pembalap tercepat ke-11 dan ke-12, dan tentunya jika mereka tidak bisa mengalami peningkatan pada sesi berikutnya di esok hari maka Rossi dan Lorenzo terancam harus berjuang di sesi Kualifikasi 1 (Q1).

Rider pengganti Jonas Folger yakni Broc Parkes masih belum bisa keluar dari posisi juru kunci. Pembalap Australia tersebut terlihat juga mengalami kecelakaan di sesi FP2 kali ini.

About the author

Budi Kurniawan

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.