News

FP1 MotoGP Jepang: Marc Marquez Berjaya di Lintasan Basah Motegi

FP1 MotoGP Jepang: Marc Marquez Berjaya di Lintasan Basah Motegi

Sebuah permulaan yang bagus ditorehkan oleh pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez kala turun di sesi FP1 yang baru saja digelar. Pemuncak klasemen sementara tersebut berhasil tampil apik di bawah guyuran gujan dengan menorehkan waktu tercepat 1 menit 55,418 detik.

Di urutan kedua ada nama Aleix Espargaro yang hanya berselisih 0,875 detik saja dari Marquez. Tampaknya tim Aprilia memang menempati janji mereka dengan membawa sebuah konfigurasi baru yang langsung terlihat hasilnya di sesi kali ini. Adapun di posisi ketiga berhasil diraih oleh pembalap satelit milik tim Ducati, Scott Redding dengan catatan waktu 1 menit 56 detik.

Sebuah insiden sempat mewarnai jalannya sesi latihan bebas pertama kali ini yang melibatkan antara Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow. Keduanya bahkan sempat adu mulut usai tabrakan terjadi dimana terlihat awalnya motor Crutchlow kehilangan grip pada ban depan dan langsung terjatuh hingga menyeret Lorenzo yang berada di depannya.

Kecelakaan tersebut akhirnya membuat Lorenzo harus puas berada di urutan ke-4 diatas rekan satu timnya sendiri yakni Andrea Dovizioso, sementara Cructchlow bertengger di posisi ke-7.

Pembalap tim Suzuki, Alex Rins sempat menjadi yang tercepat di awal sesi. Namun hal tersebut tidak bertahan lama karena digeser oleh Marc Marquez. Rookie MotoGP itupun cukup senang bisa menjadi pembalap tercepat kedelapan.

Sementara itu tim Yamaha Factory tidak bisa berbuat banyak setelah hanya mampu menempatkan wakilnya yaitu Maverick Vinales di posisi ke-9. Bahkan Valentino Rossi terseok-seok dan terlempar dari 10 besar. Pembalap berjuluk The Doctor tersebut hanya mampu menggoreskan waktu 1 menit 58 detik dan berada di urutan ke-19.

Dani Pedrosa yang merupakan rider Honda tersukses di Motegi juga tampil mengecewakan. Berbeda dengan tandemnya Marquez yang berhasil menjadi pembalap tercepat, pembalap bertubuh mungil tersebut tidak bisa berbicara banyak dan bercokol di posisi ke-20.

3 pembalap lokal yaitu Katsuyuki Nakasuga, Hiroshi Aoyama, serta Kohta Nozane akhirnya memiliki kesempatan untuk mentas di Motegi. Namun hanya Kohta Nozane saja yang tampil cukup apik dengan menempati urutan ke-15. Adapun Nakasuga dan Aoyama berada di zona terakhir.

About the author

Budi Kurniawan

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.