FIM Setujui Perubahan Layout Sirkuit Barcelona Catalunya

0

Sejarah pastinya tidak akan melupakan tragedi kecelakaan maut yang menimpa pembalap Moto2, Luis Salom di atas lintasan Catalunya pada awal juni 2016 lalu. Peristiwa naas tersebut terjadi ketika sang rider tengah mengikuti sesi free practice kedua.

Insiden tersebut menjadi perhatian banyak pihak termasuk para petinggi MotoGP yang diwakili oleh FIM. Sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan lomba balap motor, FIM sangat mempertimbangkan faktor keselamatan di atas lintasan.

Berangkat dari peristiwa ini pun layout sirkuit Catalunya akan dirombak tepatnya di area tikungan 12 yang merupakan titik dimana Luis Salom menyudahi karir balap selamanya.

Layout Catalunya nantinya akan mirip dengan model yang digunakan dalam balapan F1. Dengan perubahan ini, panjang trek akan menjadi lebih pendek dari versi sebelumnya. Untuk kelas MotoGP sendiri, panjang lintasan akan berubah dari 4727 meter menjadi 4652.

Adapun proses perombakan diperkirakan selesai pada akhir Januari 2017. Dengan adanya perubahan layout ini FIM berharap tidak ada lagi kejadian tragis di atas lintasan.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.