Ekspektasi Vinales Kelak Saat Pindah Ke Yamaha

0

Pembalap suzuki ecstar, Maverick Vinales gagal mempertahankan posisi startnya dalam race Mugello yang berlangsung pada hari Minggu kemarin. Padahal Ia memulai start dari grid kedua dan hal tersebut merupakan pencapaian terbaik Vinales dalam sesi kualifikasi sepanjang musim ini. Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Ternyata yang menjadi kendala utama pembalap kelahiran Spanyol tersebut adalah akselerasi pada motor GSX-RR nya. Sebagaimana dilansir dari berita MotoGP Crash, ketika Vinales memacu motornya dengan gigi empat kecepatannya tiba-tiba berkurang. Itulah yang membuatnya kehilangan posisi hingga merosot ke urutan sebelas.

Berbeda dengan Yamaha, Vinales mengungkapkan bahwa motor YZR-M1 milik Lorenzo dan Rossi begitu stabil akselerasinya. Sehingga keputusan Vinales pindah ke Yamaha sangat tepat dan tidak terburu-buru bagi pembalap mantan juara moto3 tersebut.

Yamaha memiliki sesuatu yang sangat saya butuhkan. Ketika bersama Suzuki saya selalu berada dalam batas dan jika dipaksakan akan berakibat fatal. Seperti dalam race Mugello kemarin, ban motornya menipis dengan sangat cepat ketika saya memacunya dalam batas maksimal. Hal yang menguntungkan adalah saya tidak terjatuh dan mampu mengamankan posisi enam hingga finish”, ujar Vinales.

Meski demikian, Vinales sangat berterima kasih kepada tim Suzuki ecstar yang hampir setiap pekan selalu memberikan peningkatan dan pembaharuan. Walaupun Ia belum terlalu puas karena setiap race harus membalap dengan keterbatasan yang begitu cepat datang pada motor GSX-RR nya.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.