Ducati : Terlalu Dini Untuk Memutuskan Line Up Musim Depan

0

Rumor bahwa juara dunia MotoGP musim lalu, Jorge Lorenzo akan hijrah dari Yamaha ke Ducati kian menyebar luas pasca perhelatan MotoGP Argentina 2016 kemarin. Lorenzo yang saat ini belum menandatangani perpanjangan kontrak bersama Yamaha memang memiliki peluang besar untuk berganti motor dan membalap bersama pabrikan lainnya, khususnya Ducati.

Adapun Paolo Ciabatti yang merupakan pimpinan Corse Sporting dari pabrikan Ducati menegaskan bahwa masih terlalu dini untuk memutuskan line up Ducati untuk musim 2017. “Kita tahu bahwa rider sekelas Lorenzo, Marquez dan beberapa rider lainnya akan habis masa kontraknya musim ini.

Berbicara dengan mereka atau tim lain yang berbicara dengan rider kami merupakan hal yang wajar. Namun bukan berarti telah terjadi penandatanganan kontrak lewat pembicaraaan itu. Masih terlalu cepat untuk memutuksan, lagipula kita baru akan memasuki race ketiga dan kami masih harus mengeksplorasi setiap peluang”, ujar Ciabatti.

Dua line up Ducati saat ini (Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso) tengah memasuki musim kedua dan masing-masing dari mereka pernah meraih podium dan pole position. Bukan mustahil jika Ducati ingin mempertahankan keduanya, juga tidak menutup kemungkinan pihak Ducati akan mengganti line up mereka musim depan. Semua tergantung peluang.

Pasca tragedi yang menimpa Ducati dalam race Argentina kemarin, Dovizioso sempat berkata bahwa masa depannya akan bergantung pada hasil yang akan Ia raih musim ini. Dovizioso harusnya meraih kemenangan bersama rekan setimnya dalam race tersebut, namun kecerobohan dan antusiasme berlebihan dari Iannone menyebabkan keduanya gagal meraih podium dan juga kehilangan banyak poin.

Tentu saja pihak Ducati memiliki alasan tersendiri terkait keputusan Line Up mereka musim depan. Karena mereka ingin meraih hasil terbaik musim ini maka berfokus pada race dan juga line up mereka (Iannone dan Dovizioso) saat ini adalah langkah terbaik yang harus dipertahankan.

Meski demikian, Lorenzo memang memiliki kans yang cukup besar untuk pindah ke Ducati. Dan jika itu terjadi maka tentu saja Yamaha tengah mempersiapkan penggantinya yang potensial, sebut saja Maverick Vinales. Pembalap Suzuki tersebut diisukan akan menggantikan posisi Lorenzo jika hengkang dari Yamaha.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.