Ducati Optimis Mendominasi MotoGP Musim 2016

0

Bukan hanya para rider yang melakukan persiapan matang dalam mengawali MotoGP musim 2016, pun demikian halnya dengan tim pabrikan seperti Ducati.

Sebagaimana di kutip dari Crash, manajer Ducati  Gigi Dall’Igna, menyampaikan dalam jumpa pers bahwa tim pabrikannya berpeluang menjadi yang terbaik pada musim mendatang. Optimisme Dall’Igna disampaikan bukan tanpa alasan mengingat ada banyak perubahan dalam balapan MotoGP yang akan berlangsung pada musim 2016 nanti.

Mulai musim 2016, setiap tim pabrikan wajib menggunakan perangkat elektronik buatan Magnetti Marelli, yang dikenal dengan  ECU (Electronic Control Unit).

Menurut Ducati, dominasi Yamaha dan Honda pada musim-musim sebelumnya disebabkan mereka rela mengeluarkan biaya lebih untuk mengembangkan perangkat elektroniknya masing-masing.

Namun dengan menggunakan perangkat elektronik yang sama, paling tidak Ducati memiliki peluang yang sama untuk meraih kemenangan. “Semuanya tergantung strategi”, Ujar  Gigi Dall’Igna.

Selain perangkat Elektronik, peralihan pemasok ban dari Bridgestone kepada Michelin juga menjadi tolak ukur Ducati dalam menyusun strategi.

Pasalnya hal yang banyak dikeluhkan para rider terutama Marc Marquez dan Pedrosa (Honda), sejak sesi latihan di Valencia kemarin adalah masalah ban. Begitupun dengan tim Yamaha yang masih belum menemukan pengaturan teknis yang pas untuk menyesuaikan ban Michelin ini.

Sementara Pabrikan Ducati melalui rider mereka, Andrea Iannone justru merasa nyaman dengan ban Michelin dan juga perangkat elektronik ECU tersebut. Hal ini tentu saja menjadi langkah awal yang baik bagi Ducati dalam menyongsong MotoGP 2016 nanti.

Tim Ducati sepertinya akan melakukan peningkatan yang signifikan apalagi salah satu rider mereka, Andrea Iannone tampil mengesankan dengan menduduki posisi lima pada klasemen akhir MotoGP 2015.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.