Dua Sponsor Raksasa di Balik Garasi Yamaha dan Honda Saat Ini

0

Di balik pria yang sukses ada wanita hebat, pun dibelakang rider MotoGP ada gadis paddock yang menyemangatinya bukan? Tentu bukan, maksudnya ada sponsor besar yang mendukungnya.

Eksistensi semua pembalap disetiap pabrikan atau tim tidak lepas dari kontribusi sponsor. Kehadiran sponsor lah yang membuat setiap lintasan terasa megah, keberadaan sponsor juga lah yang membuat setiap rider ingin membalap. Sebab membalap bukan hanya soal ego, tetapi juga soal duit, dan itu mutlak.

Lalu siapa pihak yang menjadi sponsor untuk keberlangsungan hidup para pembalap dan tim di kelas premier ini, khususnya untuk tim Yamaha dan Honda?

Movistar Yang Identik Dengan Yamaha

Secara sepintas kita mungkin sudah familiar dengan sebutan movistar yamaha, sama familiarnya dengan dua suku kata semacam rumah sakit, mata hati, kereta api, dan lain sebagainya. Terlihat seakan satu kesatuan, namun Movistar dan Yamaha jelas merupakan dua perusahaan yang berbeda.

Yamaha, kita mungkin sudah mengenalnya sebagai perusahaan sepeda motor internasional yang bermarkas di Jepang. Tetapi bagaimana dengan Movistar?

Movistar ternyata merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang operator seluler dan berlokasi di Spanyol. Perusahaan telekomunikasi ini tersebar hampir di seluruh daratan Eropa.

Dengan segmentasi pasar yang sangat luas itu, tidak mengherankan jika Movistar siap mengucurkan dana hingga jutaan dollar untuk Yamaha. Fakta bahwa Movistar merupakan perusahaan manufaktur Spanyol pun barangkali menjadi alasan kenapa harus selalu ada rider negeri matador di dalam garasi Yamaha.

Repsol Menjadi Warna Khas Honda

Sebagai saingan terberat Yamaha, Honda pun memiliki sponsor utama yang begitu melekat di benak setiap pecinta balap, yaitu Repsol.

Keberadaan Repsol sebagai sponsor di dunia balap bisa dibilang lebih lama ketimbang Movistar. Perusahaan minyak bumi asal Spanyol ini telah berinvestasi di ajang grand prix sejak 1971 silam.

Mick Doohan, Nicky Hayden, Casey Stoner, Valentino Rossi hingga Marc Marquez adalah rider dengan segudang prestasi yang pernah di dukung oleh manufaktur minyak raksasa ini.

Perusahaan yang berbasis di Spanyol ini sepertinya telah membangun hubungan lebih dari sekedar perkara komersial dengan Honda. Keberadaan Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang merupakan rider Spanyol menjadi bukti bahwa dominasi Repsol terhadap Honda sangatlah kuat.

Baik Repsol maupun Movistar, kehadirannya telah memberikan warna atas dua tim yang menguasai kelas premier saat ini. Honda identik dengan warna orangenya, sedangkan yamaha seakan tak terpisahkan dari panji birunya.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.