Dua Sirkuit di Spanyol Lakukan Resurfacing Demi Bisa Tampil Musim Depan

0

Dua sirkuit balap di Spanyol yakni Catalunya dan Jerez dikabarkan akan melakukan pengaspalan ulang (resurfacing) terkait banyaknya keluhan para pembalap terutama dalam hal grip pada aspal yang dinilai mulai tidak layak lagi.

Hal tersebut juga mau tidak mau dilakukan demi menjaga reputasi kedua sirkuit tersebut karena kembali ditunjuk sebagai tuan rumah guna melengkapi jadwal MotoGP pada musim depan.

Khusus untuk sirkuit Catalunya sendiri, pihak penyelenggara MotoGP yakni Dorna Sports sudah memberikan ultimatum kepada promotor seandainya masih ingin mendapatkan slot untuk bergabung dengan sirkuit lainnya di musim selanjutnya.

Maklum saja, sudah 13 tahun lamanya sirkuit seperti Catalunya tidak pernah memperolah ‘resurfacing’ atau pelapisan ulang, serta ditambah pemakaian yang sangat sering untuk balapan roda dua dan roda empat.

Hal tersebut membuat lapisan paling atas pada aspal/lapisan mikro yang membuat kompon karet pada ban menempel sudah hilang. Ibarat seperti batu akik yang semakin dipoles semakin bertambah licin.

Sebagaimana dilaporkan oleh motorcyclenews.com, sejumlah pembalap mengatakan kedua aspal di sirkuit tersebut sudah tidak memiliki pegangan ataupun daya cengkram terhadap ban terutama saat suhu lintasan meninggi. Bahkan para rider siap memboikot event balap di musim depan jika tidak segera melakukan perubahan.

Kabar baiknya datang dari sirkuit Jerez dimana pemerintah setempat sudah menyetujui anggaran dana sebesar 1 juta Euro untuk digunakan dalam proyek tersebut.

Belum ada kabar kapan tepatnya akan dilakukan pengaspalan ulang tersebut, namun masih menurut MotorcycleNews.com pengerjaan bisa dilakukan pada bulan Desember dan Januari sembari penandatanganan kontrak baru dengan pihak Dorna untuk tiga musim kedepan.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.