Dovizioso : Tanpa Winglet, Tingkat Keselamatan Pembalap MotoGP Sangat Rendah

0

Absennya winglet untuk musim 2017 nanti tampaknya masih menjadi hal yang seru untuk diperbincangkan. Piranti sayap tersebut memang sangat membantu performa pembalap terutama tim Ducati yang juga menjadi pelopor terpasangnya winglet di motor setiap tim. Namun, demi alasan keselamatan pembalap terpaksa winglet dinonaktifkan di musim depan.

Ducati adalah tim yang paling tidak setuju jika winglet harus ditanggalkan. Setelah para manajer mereka seperti Davide Tardozi, Paolo Ciabatti, serta Gigi Dall’igna menyatakan kekesalannya mengapa piranti tersebut harus dihapus dari MotoGP, kini giliran salah satu pembalapnya yakni Andrea Dovizioso membeberkan beberapa fakta terkait minusnya performa motor tanpa adanya winglet.

Andrea Dovizioso telah melakukan beberapa perbandingan pada motor dengan menggunakan atau tanpa winglet. Hasilnya menunjukkan ada perbedaan begitu besar terutama dalam hal kinerja bagian depan motor dan keamanan.

“Ketika saya melakukan tes di Valencia untuk membandingkan bagaimana performa motor jika tidak ada winglet hasilnya sungguh menakjubkan. Perbedaannya terlalu besar jika dilihat dari faktor keamanan. Tingkat keselamatan lebih rendah.” ungkap Dovisiozo kepada speedweek.

“Dalam beberapa tahun terakhir gaya tekan kebawah atau downforce telah berkembang dan dibutuhkan oleh setiap pembalap. Terutama motor kami sangat membutuhkan hal seperti itu. Tanpa hal tersebut, anda akan kehilangan kemampuan saat keluar tikungan.”

“Jika winglet dihilangkan maka hal tersebut sangatlah tidak aman. Tidak ada beban pada bagian depan motor yang membantu anda untuk mengontrol motor.” pungkas mantan pembalap Yamaha dan Honda tersebut.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.