Dorna Sports Menyetujui Penggunaan Ban Michelin Berkonstruksi Kaku di Mugello

0

Untuk seri berikutnya yang akan digelar di sirkuit Mugello Italia, para pembalap MotoGP 2017 akan mulai menggunakan ban depan dengan konstruksi yang lebih kaku.

Sejatinya penggunaan ban tersebut sudah bisa dilakukan pada seri Argentina lalu, namun karena ada aksi mogok masal yang dilakukan oleh beberapa warganya terpaksa diundur.

Para pembalap baru bisa mencoba ban tersebut pada saat tes sehari setelah perlombaan di Jerez kemarin, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama pihak keselamatan pada hari Jumat (19/05) di sirkuit Le Mans.

Dilansir dari motorsport.com, sebelumnya di awal musim 2017 pihak Michelin telah merancang ban depan berkonstruksi lebih lunak. Namun ban tersebut justru mendapatkan kritik dari rider Yamaha yakni Valentino Rossi, yang menurutnya motor menjadi lebih banyak bergerak ketika melakukan pengereman.

Disisi lain secara pribadi pembalap berjuluk The Doctor tersebut tidak memiliki perasaan yang ideal ketika memasuki tikungan.

Dari 23 pembalap MotoGP yang terdaftar dalam starting grid, 20 diantaranya menyuarakan penggunaan kembali ban Michelin dengan konstruksi yang lebih kaku, seperti yang pernah mereka gunakan pada tes pramusim dan race Valencia musim lalu.

Loris Capirossi yang saat itu hadir sebagai perwakilan dari Dorna Sports juga menjelaskan bahwa mayoritas pembalap lebih suka dengan ban lama. Oleh karena itulah Dorna menyetujui voting tersebut dan pada tanggal 2-4 Juni mendatang akan dilakukan perubahan.

“Kami jelas akan mencoba untuk mengikuti suara mayoritas daripada minoritas. Sebanyak 20 dari 23 pembalap menginginkan kembalinya ban tersebut. Namun ini juga bisa menjadi kerugian bagi pembalap yang tidak menyetujui keputusan tersebut.” serunya.

About Author

Selain di menulis GoMotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.