Dorna Berencana Menambah Kuota Sirkuit Dalam Satu Musim Kompetisi

0

Dorna Sport selaku pihak promotor penyelenggara ajang balap MotoGP berencana untuk menaikkan atau menambah kuota jumlah sirkuit yang akan dipergunakan selama satu musim kompetisi.

18 sirkuit yang biasanya tersaji dalam satu musim kemungkinan besar akan bertambah menjadi 19 atau 20 sirkuit, seiring dengan besarnya animo beberapa negara untuk turut berpartisipasi.

Indonesia bergabung bersama negara–negara seperti Finlandia, Azerbaijan, Thailand, Belgia, dan Wales. Beruntung dalam waktu dekat ini, Indonesia serta Finlandia menjadi prioritas utama bila dibandingkan negara lainnya.

Belgia telah mengajukan sirkuit Spa Francorchamps namun masih dikaji ulang perihal keamanan sirkuit, begitu juga dengan Circuit of Wales yang berada di Wales masih harus menunggu kucuran dana dari pemerintah setempat.

“Proyek kami di Sumatera Selatan, Indonesia terus berlanjut. Ini adalah negara dimana kendaraan roda dua sudah menjadi bagian dari cara hidup, MotoGP jelas akan sukses disana. Selain itu kami juga tengah membicarakan dengan pihak promotor Buriram Thailand karena pada tahun ini kontrak mereka dengan Superbike akan habis.” ujar CEO Dorna Carmelo Ezpelata.

“Kami juga akan menghidupkan kembali sirkuit Kymi Ring yang berada di Finlandia, namun kemungkinan besar trek akan selesai pada musim 2019 mendatang. Mereka pernah terlibat dalam kompetisi MotoGP pada tahun 1982 silam. Jika proyek mereka mampu selesai lebih cepat maka kami akan mengontak mereka, tetapi jika tidak maka pada tahun berikutnya.

Beberapa sirkuit telah dieliminasi dari kalender MotoGP seperti sirkuit Amerika yakni Laguna Seca serta Indianapolis. Sementara itu di Spanyol hanya sirkuit Estoril saja yang dihapuskan, masih ada empat yang masih aktif seperti sirkuit Jerez, Catalunya, Aragon, dan Valencia.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.