Direktur Teknis MotoGP Beberkan Alasan Mengapa Winglet Yamaha Legal Untuk Digunakan

0

Aturan pelarangan penggunaan winglet untuk musim balap 2017 telah diberlakukan. Setiap produsen motor dalam ajang balap MotoGP dipaksa untuk berpikir keras bagaimana menggabungkan efek aerodinamis kedalam sepeda motor mereka.

Tim Movistar Yamaha untuk pertama kalinya memamerkan contoh bentuk winglet ‘siluman’ yang mereka gunakan ketika melakoni sesi ujicoba di sirkuit Sepang Malaysia pekan lalu. Inovasi pertama dari tim berlogo garpu tala tersebu diharapkan mampu diikuti oleh tim–tim lainnya jelang balapan di Qatar 26 Maret 2017 mendatang.

Danny Aldridge selaku Direktur Teknis MotoGP yang berhak memberikan ijin atau tidaknya suatu pabrikan menggunakan fairing modifikasi menyatakan bahwa perangkat yang digunakan oleh tim Yamaha tersebut legal.

“Ya, kami telah melihat contoh dari fairing tim Yamaha ketika November tahun lalu mereka mencoba untuk mengirimkan sketsa kepada tim Dorna. Menurutku model seperti itu sangat cocok dengan aturan yang kami telah kami jelaskan.” ungkap Danny kepada situs Crash.

“Yamaha tidak melanggar aturan karena bentuk fairing tersebut tidaklah menonjol seperti winglet, namun lebih berbentuk kurva dengan radius yang sama dari atas hingga bawah. Itu sempurna, tidak ada masalah sama sekali.”

“Saya sempat heran mengapa Yamaha menunjukkan bentuk fairing begitu cepat. Namun tentu saja mereka memiliki banyak hal–hal untuk diuji oleh sebab itu mereka memilih untuk menjadi yang pertama.” serunya.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.